DetikSport
Kamis 08 Maret 2018, 17:35 WIB

Kemenpora Pede Target 10 Besar Asian Games Tercapai

Mercy Raya - detikSport
Kemenpora Pede Target 10 Besar Asian Games Tercapai menpora Imam Nahrawi optimistis target 10 besar Asian Games 2018 tercapai. (dok. Kemenpora)
FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Jakarta - Menpora Imam Nahrawi optimistis Indonesia mampu meraih 10 besar di Asian Games 2018. Pemerintah telah mendukung setiap cabang olahraga semaksimal mungkin.

Dari data awal, tercatat ada 17 cabang olahraga yang berpotensi memberikan medali emas. Cabang-cabang itu di antaranya bulutangkis, bridge, jetski, panjat tebit, paragliding, pencak silat, taekwondo, wushu, panahan, bulutangkis, balap sepeda, angkat besi, karate, dayung, sepak takraw, soft tenis dan boling. Masing-masing ditargetkan meraih minimal satu medali emas.

Dari jumlah itu, Indonesia diprediksi bisa memperbaiki peringkat menjadi 10 besar, dari sebelumnya pada Asian Games 2014 Incheon berada di peringkat ke-17 dengan perolehan empat emas. Imam pede hasil itu bisa dicapai setelah pemerintah Indonesia memenuhi semua kebutuhan cabor.

"Seperti disampaikan bapak Wakil Presiden (Jusuf Kalla) persiapan Asian Games kali ini merupakan yang terbaik. Semua yang ada di dalamnya betul-betul optimistis. Baik pelaksana, penyelenggara, Chief de Mission, pimpinan olahraga, KOI, KONI, dan semua atlet betul-betul pada posisi yang sangat siap," kata Imam, di Sekretariat CdM Gd Perjuangan dan Soliditas Atlet AG Komplek STIK-PTIK, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

"Jika dipersentase seperti infrastruktur sudah 90 persen, demikian pula untuk atlet sudah hampir 100 persen. Semua berjalan sesuai dengan target yang diharapkan bapak Presiden dan Wapres," ujarnya kemudian.

Untuk mengawal optimisme tetap terjaga, pemerintah disebutkan menteri asal Bangkalan ini, juga memberi mengawal kepada cabor. Termasuk memenuhi segala kebutuhan pendukung atlet.

"Kementerian, Kemenpora telah melakukan upaya perbaikan fasilitas, pendanaan oke, cabor sekarang sudah punya komitmen target," dia mengungkapkan.

"Bapak Presiden, bapak Wapres, CdM juga memonitor detail, dibantu oleh tim psikolog dan lain sebagainya. Sport science dari kampus juga sudah memantau bagaimana kerja sama yang baik antara ahli gizi, nutrisi, termasuk tim pendukung,"

"Apalagi para atlet juga tadi ada komitmen untuk mengibarkan bendera Merah Putih. Komitmen ini yang harus kita jaga dan korbakan. Saya optimistis apalagi kita tuan rumah," dia menegaskan.


(mcy/fem)

FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed