DetikSport
Sabtu 10 Maret 2018, 16:38 WIB

Ratusan Pesepeda Ikuti Makassar International Granfondo 2018

Ibnu Munsir - detikSport
Ratusan Pesepeda Ikuti Makassar International Granfondo 2018 Gelaran Makassar International Granfondo 2018 (Ibnu Munsir/detikSport)
Makassar - Ratusan pesepeda mengikutu ajang Makassar International Granfondo 2018. Acara ini digelar untuk mengkampanyekan bersepeda demi mengurangi polusi.

Tur ini diikuti oleh ratusan dari polisi dan komunitas pesepeda di Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Irjen Royke Lumowa.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono mengatakan kegiatan ini untuk mengangkat destinasi wisata di Sulawesi Selatan khususnya Makassar, seraya menegaskan bahwa kota itu layak dihuni serta aman dan nyaman untuk semua masyarakat.

"Ini upaya juga mengangkat destinasi di Sulsel. Kita bisa liat disini aman, nyaman dan sejuk," kata Umar saat melepas ratusan pesepeda di Ajungan Pantai Losari Jalan Penghibur Makassar, (10/3/2018).

"Hati hati dijalan semoga rombongan selamat sampai di sana," lanjutnya.

Sementara itu, Royke Luwmowa mengatakan kegiatan ini sebagai upaya kampanye bersepeda. Agar masyarakat sadar bersepeda itu penting.

"Ini kampanye bersepada bahwa dengan bersepeda juga penting, untuk menguransi polusi udara di Indonesia," kata Irjen Royke.

Royke menambahkan jika penyumbang polusi udara terbesar saat ini yakni sepeda motor. Selain tentunya kemacetan yang disebabkan sepeda motor.

"Penyumbang polusi terbesarkan saat ini sepeda motor, macet juga karena kendaraan motor banyak, makanya kita kampanyekan ini."

Makassar International Granfondo 2018 merupakan kegiatan yang pertama kali digelar, dan diikuti sejumlah daerah di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Palembang Palu, Gorontalo, Manado hingga Papua.

Tur sepeda ini akan star mulai Anjungan Pantai Losari Makassar dan finis di Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan dengan jarat tempuh 250 KM.



(mrp/ran)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed