detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 12 Mar 2018 13:47 WIB

Aroma Paralimpiade Musim Dingin Pyeongchang Sudah Terasa Sejak di Seoul

Amalia Dwi Septi - detikSport
Paralimpiade Musim Dingin sudah terasa sejak di Seoul. (Amalia Dwi Septi/detikSport) Paralimpiade Musim Dingin sudah terasa sejak di Seoul. (Amalia Dwi Septi/detikSport)
Seoul - Perhelatan Paralympic Winter Games atau Paralimpiade Musim Dingin 2018 di Pheongchang telah dimulai sejak empat hari yang lalu. Kemeriahan terasa sejak di Seoul, Korea Selatan.

Paralympic Winter Games 2018 atau Paralimpiade Musim Dingin resmi digelar di Pyeongchang, Korea Selatan pada Jumat (9/3/2018) dan akan berakhir pada 18 Maret. Sebelumnya, Olimpiade musim dingin telah lebih dulu dilaksanakan.

Sebanyak 80 negara ikut berlaga di Paralimpiade Musim Dingin 2018 ini. Total ada 670 atlet difabel ambil bagian dengan memperebutkan total 80 medali.

Paralimpiade musim dingin merupakan multievent yang mempertandingkan berbagai nomor untuk atlet yang mengalami keterbatasan baik fisik atau mental. Cabang olahraganya pun berkaitan dengan musim dingin, seperti ski, hoki es, selancar es, wheelchair curling, biathlon, ski alpine dan ski lintas alam.

Pheongchang merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Gangwon-do, Korea Selatan, yang terletak di wilayah Pegunungan Taebaek. Jaraknya sekitar 180 km (110 mil) tenggara Seoul, ibu kota Korea Selatan, dan terhubung oleh jalan raya dan kereta berkecepatan tinggi.

Suasana kemeriahan Paralimpiade Musim Dingin di Pheongchang itu sudah terasa sejak di bandara Incheon, Korea Selatan. Dari pantuan detikSport, beberapa spanduk dengan tulisan Paralimpaide Musim Dingin terpampang di sudut bandara.

Meski tak terlalu meriah seperti di sepanjang jalan menuju kota Seoul, tapi sebagian warga menunggu akhir pekan untuk menyaksikan pertandingan-pertandingan secara langsung langsung di Pheongchang.

"Saya baru berencana menonton ke Pheongchang nanti saat hari libur. Mungkin ketika penutupan karena saya bekerja," ujar Kyeong.

Indonesia tidak ikut ambil bagian di Paralimpiade Musim Dingin 2018.

(ads/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed