detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 14 Mar 2018 20:15 WIB

Paralimpiade Musim Dingin Pyeongchang Manjakan Penonton

Amalia Dwi Septi - detikSport
Paralimpiade musim dingin 2018. (Amalia Dwi Septi/detikSport) Paralimpiade musim dingin 2018. (Amalia Dwi Septi/detikSport)
Pyeongchang - Paralimpiade musim dingin Pyeongchang 2018 telah digelar selama enam hari. Olahraga multievent untuk difabel itu memanjakan penonton.

detikSport berkesempatan untuk berbaur bersama penonton pada Paralimpaide musim dingin itu atas undangan MIKTA (Meksiko, Indonesia, Kolombia, Turki dan Australia) journalist invitation program. Bersama-sama penonton yang hadir di Sport Park Alpensia, Rabu (14/3/2018), detikSport menyaksikan babak kualifikasi ski cross country putri.

Di luar arena pertandingan, fasilitas yang ada di stadion memanjakan penonton. Dari bangku tribune yang cukup bagus, tempat makan untuk umum yang menyediakan menu beragam, sampai toilet portable yang bersih.

Tak hanya itu, toko pernak-pernik khusus Paralimpiade musim dingin juga disediakan. Yang jadi favorit sih maskot Soohorang si macan putih dan Bandabi si beruang hitam.

Tribune penonton dan atlet memudahkan difabel untuk menyaksikan pertandingan itu. Sejumlah volunter yang menunjukkan wajah semringah juga sudah terlihat siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu atlet.

"Volunter di sini memang dididik agar mereka ramah karena kami menjadi tuan rumah dan bagaimana menyambut tamu dengan baik," ujar Kim Yong Chul, juru bicara pemerintahan provinsi Gangwon.

Fasilitas penunjang lainnya juga terlihat bagus, seperti ruang medis dan bagian informasi. Ada mobil ambulans yang siap siaga di depan pintu masuk venue Sport Park Alpensia.

Namun, untuk MPC dari venue sangat jauh dari Pyeongchang. Untuk mencapai ke sana, membutuhkan waktu satu jam karena berada di Gangwon.

"Media center di Gangwon itu untuk media yang tidak teregistrasi, mereka bisa datang ke sini untuk mencari informasi apapun tentang Paralimpiade musim dingin," kata Kim Yong.

Para atlet Paralimpiade juga memiliki tempat tinggal di Olympic Village yang berjarak sekitar tak lebih dari 20 menit. Total ada tiga daerah yang digunakan untuk venue Paralimpiade musim dingin yaitu Pheongchang, Gangneung dan Jeongseon.


(ads/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed