DetikSport
Sabtu 24 Maret 2018, 18:27 WIB

Palembang Menjelang Asian Games: Volunter dan Venue Siap!

Raja Adil Siregar - detikSport
Palembang Menjelang Asian Games: Volunter dan Venue Siap! Foto: Raja Adil/detikSport
FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Palembang - Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) memastikan berbagai persiapan di Palembang berjalan lancar. Termasuk volunter dan venue.

Asian Games sudah di depan mata, tinggal 147 hari lagi. Palembang mengajak kerja sama enam Universitas yang ada di BumiSriwijaya untuk perekrutan volunter.
"Saya sudah sampaikan juga tadi bahwa Palembang itu nanti butuh sekitar 2.070 volunter. Kami sudah bekerjasama dengan enam universitas di Sumsel agar mahasiswa ini nanti juga menjadi volunter," kata Ketua Pelaksana INASGOC, Erick Tohir saat ditemui di rumah dinas Wali Kota Palembang, Sabtu (24/3/2018).
Erik Tohir puas dengan respons mahasiswa unntuk mendaftar menjadi volunter. Dari 6.000 mahasiswa yang mendaftar, saat ini disaring lewat kepolisian dan panitia.
"Respons untuk volunter sejauh ini sangat positif, dari total 2.000-an dibutuhkan ini yang ikut sekitar 6.000. Itu artinya sudah siap menjadi tuan rumah. Walaupun memang, semua harus melalui 1 website yang ada di panitia untuk melakukan analisis wajah oleh kepolisian inafis," katanya lagi.
Tak hanya volunter, rapat koordinasi hari ini pun panitia turut membahas kesiapan di 13 venue yang ada di Kota Palembang. Serta berbagai kesiapan sebelum dilakukan sterilisasi venue pada 20 Mei 2018.
"Tadi sudah dibahas, semua venue harus mulai steril pada 20 Mei. Tidak boleh lagi ada pengerjaan dan aktifitas untuk pembangunan. Nanti pihak keamanan juga akan mulai bekerja karena waktu sudah tinggal 147 hari lagi," Erick menambahkan.
Dalam waktu tersisa, INASGOC akan menggiatkan promosi. Salah satunya dengan parade promosi Asian Games mulai100 hari sampai 50 hari menjelang pelaksanaan yang dilakukan secara serentak di semua daerah di Indonesia.
Sementara itu Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, menyebut saat ini persiapan di 13 venue cabang olahraga sudah tahap finishing. Bahkan untuk jalur transportasi Light Rail Transit (LRT) yang nanti akan membawa official dan altet dipastikan rampung pada Juni mendatang.
"Persiapan venue kita 13 cabang. Semua ini sudah selesai. Tinggal tahap finishing seperti rumput, taman dan pengaspalan jalan yang dilakukan serentak. Kalau LRT selesai Juni, tapi kita tentu butuh waktu 3 bulan untuk persiapan kelistrikan dan uji coba. Kami siap," kata Alex Noerdin.





(fem/mrp)

FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed