DetikSport
Rabu 18 April 2018, 17:50 WIB

Pelatnas Asian Games Tak Terpengaruh Libur Lebaran

Mercy Raya - detikSport
Pelatnas Asian Games Tak Terpengaruh Libur Lebaran Pelatnas angkat besi tak terpengaruh libur lebaran. (Agung Pambudhy/detikSport)
FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Jakarta - Pemusatan latihan nasional Asian Games 2018 tak terpengaruh keputusan pemerintah menambah durasi libur lebaran. Pelatnas jalan terus.

Pemerintah membuat surat keputusan bersama (SKB) soal jatah libur Lebaran, mulai 11 sampai 20 Juni. Keputusan itu ditandatangani oleh tiga menteri, yaitu Menteri PAN-RB Asman Abnur, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Penandatanganan disaksikan Puan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (18/4/2018).

Baca Juga: Ini Alasan Pemerintah Tambah Cuti Bersama Lebaran 2018

Penambahan durasi libur lebaran itu tak memengaruhi pelaksanaan pelatnas. Utamanya untuk dua cabang olahraga, dayung dan angkat besi.

"Kami tidak ada kewajiban mengikuti mereka (pemerintah). Selain itu, kami juga harus melihat situasi karena waktu penyelenggaraan Asian Games sudah semakin mendesak, jadi liburnya tidak akan panjang," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PABBSI, Alamsyah Wijaya, kepada detikSport.

Alamsyah juga menjamin hal itu tak mengganggu proses pelatnas karena lifternya sudah terbiasa dengan kondisi tersebut.

"Tiga tahun lalu untuk persiapan kejuaraan dunia di Houston, Amerika, anak-anak liburan di Tiongkok. Meskipun ada di Indonesia biasanya hanya saat salat id tapi besoknya mereka sudah kembali menjalani latihan," katanya.

Hal senada diungkapkan Wakil Ketua Umum PB PODSI, Budiman Setiawan. Dia bilang keputusan pemerintah soal jatah libur Lebaran tak mempengaruhi proses pelatnas dayung.

"Kami tidak ada hubungan dengan libur panjang atau libur pendek. Yang pasti libur hanya hari pertama saja. Di luar lebaran tidak ada libur untuk pelatnas karena Asian Games sudah semakin dekat," kata Budiman, terpisah.

"Tidak berpengaruh dengan keputusan pemerintah. Pelatnas jalan terus dan libur hanya satu hari sebelum dan hari Lebaran. Sementara hari kedua Lebaran sudah masuk pelatnas lagi," Budiman menambahkan.

"Lagipula, sepertinya Lebaran tahun ini sebagian besar atlet prospek medali tidak berada di Indonesia, tapi training camp dan perlombaan," dia menjelaskan.


(mcy/fem)

FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed