detiksport
Follow detikSport
Jumat, 20 Apr 2018 17:13 WIB

INAPGOC Buka Pendaftaran Volunter Asian Para Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) resmi membuka pendaftaran relawan (volunter) Asian Para Games (APG). Pendaftaran dibuka hingga 31 Juli.

Menurut Rezza D. Brammadita selaku anggota INAPGOC dari Divisi Arrival, Departure & Volunteeer, APG 2018 akan melibatkan 8 ribu relawan yang berasal dari berbagai kalangan.

"Keterlibatan relawan ini menjadi bukti kesiapan Indonesia dalam menyelenggarakan kegiatan multisport yang inklusif," kata Rezza dalam rilis yang diterima detikSport, Jumat (20/4/2018).

Pendaftaran volunter juga terbuka untuk warga asing yang ingin terlibat, tak hanya dari kalangan dalam negeri saja. Reza menyebut bahwa ini merupakan kegiatan multievent internasional sehingga perlu adanya keterlibatan warga asing.

Akan tetapi, imbuh Rezza, pendaftar harus memenuhi persyaratan seperti minimal berusia 18 tahun, memiliki ketertarikan untuk terlibat dalam kegiatan multisport internasional, dan harus siap ditugaskan secara penuh demi menyukseskan Asian Para Games 2018.

"Bila semua persyaratan itu terpenuhi, relawan juga diminta melengkapi Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah pendidikan terakhir, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), untuk diunggah saat pendaftaran di situs web, yakni www.asianparagames2018.id/volunteer. Selain itu, relawan juga harus menguasai bahasa asing, minimal bahasa Inggris. Itu sebuah keharusan," tuturnya.

Bagi relawan yang lolos akreditasi akan menjalani tahap wawancara. Jika lolos, para volunter bisa terlibat secara langsung dalam penyelenggaraan APG pada 6-13 Oktober. Divisi Accomodation, Catering, & Athletes Village akan mendapat kuota relawan terbanyak, yakni 1.825 orang. INAPGOC juga akan mengalokasikan lima persen dari total 8 ribu relawan untuk komunitas penyandang disabilitas.

Untuk memberikan kenyamanan bagi relawan, INAPGOC sedang melakukan finalisasi terkait akomodasi yang akan disediakan untuk relawan pada saat test event dan hari penyelenggaraan Asian Para Games.



(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed