DetikSport
Sabtu 21 April 2018, 02:30 WIB

Kejuaraan Ice Skating Digelar, Bidik Atlet untuk Timnas

Amalia Dwi Septi - detikSport
Kejuaraan Ice Skating Digelar, Bidik Atlet untuk Timnas Foto: Amalia Dwi Septi/detikSport
Jakarta - Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) menggelar kejuaraan nasional Figure Skating National Championships (FSNC) 2018. Event ini juga sekaligus rangkaian seleksi pemain untuk menuju SEA Games 2019.

Figure Skating National Championships 2018 digelar di Oasis Centre Arena (OCA), Aeon Mall, Cakung, Jakarta pada 20-21 April 2018. Total ada 80 atlet nasional dan 16 atlet luar negeri yang menjadi peserta. Atlet-atlet asing yang ambil bagian berasal dari Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Jepang.


Ketua Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) Susan Herawati mengatakan bahwa event ini bukanlah pertama kalinya, tapi sudah memasuki tahun kelima. Dia sekaligus ingin mencari calon-calon atlet timnas skating Indonesia.

"Untuk ajang ini ada 96 atlet yang mengikuti. Kejurnas ini merupakan dasar dari FISI untuk memilih siapa yang akan mengisi timnas kami untuk menuju ke winter, childern of asia 2019 dan SEA Games 2019," katanya, Jumat (20/4/2018).

Kejuaraan ini juga masuk dalam rangkaian persiapan menuju SEA Games 2017 lalu. Dia berharap di tahun depan cabor ice skating bisa menyumbangkan medali emas.

"Di 2017, SEA Games Kuala Lumpur, kami dapat dari short track speed medali perak dan perunggu. Kalau SEA Games 2019 kami menargetkan indonesia bisa mendapatkan emas," tandasnya.

Ada beberapa kategori yang dipertandingkan di kejuaraan FSNC di antaranya basic Starlet, Starlet, Preliminary, Elementary, Novice, Advance Novice, Elit Junior, Basic Junior, Elit Senior, Adult Bronze, Adult Silver.


Nantinya, juri yang akan menilai adalah dari luar negeri seperti Korea Selatan, Belgia, Thailand, Taiwan, dan Malaysia. Herawati menyebut FISI tidak main-main untuk meningkatkan kualitas kejuaraan tersebut.

"Kami ingin mendatangkan juri yang mumpuni. Kedatangan mereka di sini agar penyelenggaraan sesuai dengan standar Internasional, sistem penilaian pun mengikuti event Internasional yang telah ditetapkan," katanya menambahkan.



(ads/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed