detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 24 Apr 2018 18:29 WIB

Ini Hasil Tim Yamaha Indonesia di ARRC Australia

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Pebalap Yamaha Wahyu Aji Trilaksana (Foto: dok.Yamaha Racing Indonesia) Pebalap Yamaha Wahyu Aji Trilaksana (Foto: dok.Yamaha Racing Indonesia)
Tailem Bend - Asia Road Racing Championship (ARRC) Adelaide tuntas hari Minggu lalu. Berikut hasil yang didapat tim Yamaha Racing Indonesia di sana.

Pada race 2 yang diihelat di Sirkuit Bend Motorsport Park, Adelaide, Minggu (22/4/2018) lalu, pebalap Yamaha Wahyu Aji Trilaksana yang turun di kategori underbone 150 (UB150) cuma finis posisi ke-13 setelah menjalani tujuh lap.

Hasil ini tentu mengecewakan mengingat dia finis posisi ketiga di hari pertama. Start Aji yang tak optimal jadi penyebab sehingga dia kesulitan bersaing di barisan terdepan.



Bahkan pada dua lap terakhir jelang finis, ban depan motor Aji menyentuh ban milik motor pebalap Malaysia Md Akid Aziz hingga terjatuh, sebelum akhirnya bangkit dan menuntaskan lomba.

"Mulai start, saya kehilangan momen untuk berada di depan. Terlalu lama tertahan di rombongan group ke-2. Saat push memasuki tikungan ke-14, tiba-tiba Akid sedikit melambat dan saya tidak bisa mengontrol dan terjatuh. Dan Alhamdulilah saya masih bisa finish di urutan ke-13 untuk menambah poin," tutur Aji dalam rilis kepada detikSport.

Atas hasil ini di Australia ini, Aji berada di posisi keenam klasemen sementara UB150. Pada kelas lain di Asia Production 250 (AP250), duet tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) tidak dapat tampil maksimal karena mengalami kendala pada perangkat elektronik ataupun tertahan di rombongan belakang.

M Faerozi finis kesembilan di hari pertama melakukan start cukup baik. Namun, dia terjauh pada lap keempat saat sedang melalui tikungan terakhir.

Ini Hasil Tim Yamaha Indonesia di ARRC AustraliaM Faerozi (dok.Yamaha Racing Indonesia)

"Awalnya feeling power motor jauh lebih baik dari hari kemarin. Namun motor saya sempat mati saat melalui lintasan straight, itu saat masuk lap ke-3 hingga saya melorot ke posisi 13. Kemudian di lap ke-4 saat keluar tikungan, motor mengalami getaran dan saya tidak dapat mengontrol dan terpental. Hal ini akan menjadi pengalaman bagi saya untuk dapat lebih baik lagi di seri berikutnya di Suzuka Jepang," tutur Faerozi.


Rekan satu Faerozi, yaitu Richard Taroreh menghadapi fakta dimana harus berjuang keras dan tertahan di rombongan belakang. Dia akhirnya cuma finis posisi ke-13.

Ini Hasil Tim Yamaha Indonesia di ARRC AustraliaRichard Taroreh (dok.Yamaha Racing Indonesia)

"Start di race ke-2 kurang bagus sehingga saya tertahan di rombongan belakang. Hal yang sama terjadi pada motor saya, bahwa feeling motor jauh lebih baik namun motor tidak dapat dikendalikan sehingga saya tidak memaksa untuk terlalu push saat keluar tikungan. Sehubungan hal ini, saya dan tim akan mengevaluasinya jelang seri ketiga nanti di Suzuka Jepang. Treknya memang hampir sama dimana bertipikal yang relatif banyak rolling speed," tutur Richard.

Adapun posisi tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) saat ini ada di posisi ke-7 dalam klasemen sementara tim AP250.

"Mentalitas tim meningkat dari seri sebelumnya. Namun, masih ada perbaikan perbaikan yang harus kami lakukan. Kami tetap menjaga perolehan poin agar terus dalam perebutan juara. Dan saatnya mulai mempersiapkan untuk Suzuka nanti. Terima kasih kepada seluruh tim, teknisi, sponsor dan semuanya yang telah mendukung kami," papar Wahyu Rusmayadi selaku tim Manajer Yamaha Racing Indonesia.




(mrp/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed