DetikSport
Rabu 02 Mei 2018, 15:10 WIB

Kapolri Redam Macet dan Kriminalitas di Jakarta, Juga Bantu Promosi Asian Games

Mercy Raya - detikSport
Kapolri Redam Macet dan Kriminalitas di Jakarta, Juga Bantu Promosi Asian Games Ilustrasi kemacetan di Jakarta. (Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnivan menyebut ada dua tantangan besar Asian Games 2018 khusus di Jakarta. Apa saja?

"Dibandingkan dengan Jakarta, Palembang lebih beruntung karena mobilitasnya masih di Jakabaring Sport City (JSC), tidak akan ada kemacetan. Mungkin dari wisma atlet ke JSC, atau ada atlet yang mungkin mau jalan-jalan ke Sungai Musi atau dari mana, tantangannya cuma itu," kata Tito dalam acara kata Imam dalam acara Road to Asian Games di Hotel Le Meredien, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (2/5/2018).

"Yang kami khawatir Jakarta, karena pertandingan banyak di hari kerja. Tanpa event saja macet padahal targetnya 45 menit sampai (dari wisma atlet ke kompleks Gelora Bung Karno). Kalau terjebak macet akan mempengaruhi atlet bertarung," ujarnya.

Baca Juga: Kapolri: Kok, Demam Asian Games di Jakarta Kalah dari Palembang?

"Nah, tapi kan, ada venue yang jauh seperti di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan lainnya. Makanya, usulan libur sekolah itu jika menurut saya dari sudut pandang polisi itu menguntungkan," dia mengungkapkan.

"Jadi, tantangan ini adalah macet di Jakarta karena ada usulan Bapak Erick Thohir (Ketua INASGOC) sampaikan libur sekolah itu alhamdullilah bisa mereduksi kemacetan 20 persen menolong. Kami dari lalu lintas akan mendampingi di perjalanan," lanjutnya.

Selain itu, Kepolisian lebih giat membasmi premanisme dan kriminal jalanan. Mereka akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga keamanan atlet lokal dan asing.

"Seperti pencopet dan street crime supaya jangan sampai atlet dan tamu terganggu saat penyelenggaraan. Kalau Palembang Insya Allah aman," dia menjelaskan.

Baca Juga: Polri Libatkan 36 Ribu Personel Untuk Amankan Asian Games 2018

Untuk menggemakan Asian Games, Tito menyebut, kepolisian juga telah membuat potongan film pendek yang menjadi kontribusi polisi dalam menggemakan Asian Games.

"Sehingga tak melulu isu politik karena Asian Games ini akan membawa image bangsa. Jika ini sukses maka bangsa Indonesia akan disegani dunia," ujarnya.



(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed