detiksport
Follow detikSport
Jumat, 04 Mei 2018 18:45 WIB

PASI Sebut Latihan di Amerika Menunjukkan Hasil Bagus

Mercy Raya - detikSport
Ilustrasi Maria Natalia Londa (Wahyu Putro A/Antara) Ilustrasi Maria Natalia Londa (Wahyu Putro A/Antara)
Jakarta - Sebanyak 12 atlet atletik yang baru saja melakukan pemusatan latihan di Amerika Serikat telah kembali ke Tanah Air. Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menyebut hasil bagus.

Keyakinan itu disampaikan Sekretaris Jenderal PASI Tigor Tanjung di Stadion Madya, Senayan, Jumat (4/5/2018). Menurut Tigor, kemajuan yang ditunjukkan oleh atlet dan pelatih tidak hanya dari kemampuan mereka saja, namun memberikan optimisme pengurus menuju Olimpiade 2020.

"Jadi memang training camp selama satu bulan yang begitu intensif, yang akhirnya bisa menghasilkan penglihatan seperti itu," kata Tigor.

Baca Juga: Kejurnas Atletik Senior dan Junior Pekan Depan Diramaikan 1.053 Atlet

"Laporan dari Harry Marra, konsultan PASI menuju Asian Games 2018, juga banyak. Dia selalu memberikan laporan harian. Jadi pelatih-pelatih kami ini harus dibiasakan dalam iklim latihan yang lebih spartan, harus disiplin waktu dan program, kemudian evaluasi terus,," dia menambahkan.

"Pelatih kami juga dituntut untuk mampu menjadi seperti guru silat agar atlet ini bisa memiliki keyakinan bahwa jika kami melakukan teknik adalah untuk lebih baik. Sebab, kebanyakan atlet masih lupa, nah pelatih ini harus bisa memerikan keyakinan itu kepada atletnya supaya dia bisa melakukan tekniknya secara konsisten dan konsekuen," dia menjelaskan.

Sebagai contoh, atlet lari jarak pendek terbiasa mengayuh tangannya terlampau ke belakang. Padahal, cukup mengambil kuda-kudaan setengah saja sudah bagus.

"Hampir semua atlet kami seperti itu dan memang saat dicoba benar-benar lebih baik. Tetapi mereka kerap lupa dan kembali lagi ke teknik lama. Ini yang ingin kami perbaiki," Tigor mengungkapkan.

Di Amerika Serikat sendiri, Indonesia mendapatkan prestasi yang lumayan bagus. Mereka yang diturunkan dalam perlombaan 2018 Rafer Johnson/Jackie Joyner-Kersee Invitational, di UCLA Drake Stadium, berhasil memboyong medali di nomor 4x100 meter relay, Atjong Tio Purwanto di nomor halang rintang 3.000 meter dan Lalu Muhammad Zohri di nomor 100 meter putra.

"Hasil ini memberikan sesuatu yang positif dan kami masih berkeyakinan peluang besar ada di nomor estafet di Asian Games nanti," dia menjelaskan.


(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed