DetikSport
Jumat 18 Mei 2018, 21:06 WIB

Ingin Fokus, Pelari Gawang Emilia Nova Tidak Puasa Selama Latihan

Mercy Raya - detikSport
Ingin Fokus, Pelari Gawang Emilia Nova Tidak Puasa Selama Latihan Emilia Nova saat sedang menjalani latihan jelang SEA Games 2017 lalu (Hasan Alhabshy/detikSport)
FOKUS BERITA: One on One: Emilia Nova
Jakarta - Pelari gawang Emilia Nova tidak berpuasa selama latihan jelang Asian Games. Nova khawatir akan mempengaruhi fokus terlebih dirinya baru pulih cedera.

Emil, panggilan karib Emilia Nova, menjadi satu dari 16 atlet yang dipersiapkan PB PASI menuju Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Dia diproyeksikan turun di nomor 100 meter lari gawang.

Nah dengan Asian Games akan bergulir sekitar tiga bulan lagi, Emil dkk dihadapkan sebuah pilihan besar karena jadwal latihan bersamaan dengan ramadan yang dimulai Kamis (17/5/2018).


Emil memutuskan untuk tidak berpuasa dulu kali ini. Dia yang baru pulih cedera paha depan khawatir sulit mengembalikan kondisi jika memaksakan diri berpuasa.

"Saya (memang) disarankan tidak berpuasa dulu karena kemarin baru pulih cedera. Selain itu, khawatir dehidrasi juga, apalagi untuk nomor lari gawang itu harus fokus juga, jika puasa dikhawatirkan menabrak gawang, jadi sengaja tidak puasa," kata Emil ketika ditemui usai latihan.

"Secara fokus memang cukup mempengaruhi, karena capek dan dehidarasi juga. Sementara untuk lari gawang harus betul-betul fokus dan dalam jarak panjang harus mengejar dan melewati gawang. Kalau tidak fokus oleng bagaimana," sambungnya.

Meski begitu, bukan berarti Emil saklek dengan aturannya. Jika sedang hari libur atau berlatih ringan, sebisa mungkin Emil akan berpuasa. Emil pun tak mempermasalahkan jarangnya waktu merayakan ramadan bareng keluarga.

Pasalnya gadis kelahiran 20 Agustus 1995 itu biasa pulang ke rumahnya di kawasan Jakarta sepekan sekali.

"Tidak masalah soalnya sering bertemu juga. Lagipula keluarga tinggal di Jakarta kecuali dimana, kan bisa telepon dan seminggu sekali ke rumah," ucapnya.

"Kangen sih tapi sudah biasa karena dari remaja seperti ini. Soal makanan yang dirindukan itu biasanya es buah dan es timun suri, sementara makanannya serabi. Tapi kalau sekarang sudah tidak terlalu banyak, biasanya setelah puasa, minum dan makan sedikit. Sudah itu saja. Kalau dulu kan maunya banyak," tutupnya sambil tertawa.



(mcy/mrp)

FOKUS BERITA: One on One: Emilia Nova
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed