DetikSport
Senin 21 Mei 2018, 23:07 WIB

Ada Warisan Sejarah, Menpora Tegaskan Nama Istora Tidak Boleh Diganti

Amalia Dwi Septi - detikSport
Ada Warisan Sejarah, Menpora Tegaskan Nama Istora Tidak Boleh Diganti Menpora Imam Nahrawi menegaskan nama Istora Gelora Bung Karno tak boleh diganti (Foto: Rengga Sancaya/detikSport)
Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, kembali menegaskan bahwa nama Istora Gelora Bung Karno tidak boleh diganti. Sebabnya ada warisan sejarah yang harus dipertahankan.

Hal itu disampaikan oleh Imam saat netizen kembali mempertanyakan wacana perubahan nama Istora menjadi Blibli Arena melalui media sosialnya dalam sesi TanyaINaja baru-baru ini.

Imam mengatakan Istora Gelora Bung Karno adalah warisan sejarah yang tidak bisa dilupakan. Oleh karena itu, nama keduanya harus dipertahankan.


"Jangan dong. Istora Gelora Bung Karno adalah legacy sejarah yang tak bisa dilupakan dan dihapus oleh siapa pun karena dilakukan dengan penuh pengorbanan, air mata, darah, tangisan, dan bahkan kita harus bergotong royong dan bersatu padu untuk membuat GBK. Karenanya, menurut saya ini harus dipertahankan," jawab Imam.


Imam menyadari bahwa PPK GBK membutuhkan dukungan sponsor untuk pemeliharaan dan pembiayaan. Dia mengatakan hal itu dapat dilakukan secara profesional tanpa harus mengubah nama Istora GBK.

Imam juga mengingatkan soal keberadaan Istora yang telah menjadi bagian dari semangat para atlet Indonesia untuk menorehkan prestasi di berbagai ajang yang digelar.

Istora telah menjadi saksi kesuksesan atlet-atlet Indonesia di berbagai cabang olahraga. Bukan cuma bulutangkis, tapi juga voli, basket, hingga tinju.

"Kita ingat dulu bagaimana Ellyas Pical merobohkan lawannya dari Korea Selatan pada tahun 1985," kata Imam.

"Karenanya, menurut saya apa pun siapa pun tidak berhak mengubah nama Istora Gelora Bung Karno. Tetap kita pertahankan," ujarnya.


(ads/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed