detiksport
Follow detikSport
Jumat, 25 Mei 2018 07:34 WIB

Menpora Akan Tambah Dana Pelatnas Cabor Layar

Mercy Raya - detikSport
Foto: Mercy Raya/detikSport Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta - Menpora Imam Nahrawi berencana untuk menambah anggaran pemusatan latihan nasional cabang layar, menyusul kurangnya dana untuk pembelian perahu.

Hal itu disampaikan Imam di sela-sela tinjauannya ke pelatnas layar di Dermaga Bahtera Jaya Ancol, Jakarta Utara, pada Kamis (24/5/2018).

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (PB Porlasi), Darwanto, mengatakan bahwa dana pelatnas yang diterimanya dari Kementerian Pemuda dan Olahraga baru cair 70 persen dari Rp 6,2 miliar.

"Anggaran layar itu mahal yang jenis laser Rp 250 juta, wind surfing antara Rp 150-200 juta, sekarang Rp 470 juta, sekitar berapa miliar yang dibutuhkan. Tapi sampai saat ini peralatan dukungan hanya pergantian aksesoris," kata Darwanto.


Menanggapi hal itu, Imam menyepakati tambahan anggaran peralatan untuk Asian Games ditambah.

"Kami sudah komitmen bahwa alat itu akan ada tambahan baru dari dana yang sudah diberikan dari pemerintah. Komitmen itu muncul karena komitmen luar biasa dari ketua umum dan semua atlet, tentu kami akan tambah lagi anggaran untuk layar sekitar Rp 1,5 sampai Rp 2 miliar," tutur Imam.

"Saya kira itu angka yang cukup kecil dibanding komitmen yang luar biasa untuk mempersembahkan medali emas nanti," lanjut menteri asal Bangkalan ini.


Di Asian Games 2018, PB Porlasi menargetkan dua medali emas dari nomor wind surfing dan laser. Saat ini pelatnas berisi 26 atlet dan masih akan diseleksi lagi menjadi tim inti, yaitu 16 orang.

"Yang penting bagaimana kawal semangat dan mental para atlet agar betul-betul semangat ketika berhadapan dengan negara-negara lain, apalagi kita bertanding di rumah sendiri," ujar Imam.

"Hal ini penting, apalagi Indonesia negara maritim, pasti mereka akan jaga dan kawal itu dengan persembahkan medali emas," katanya.


(mcy/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed