detiksport
Follow detikSport
Rabu, 06 Jun 2018 16:15 WIB

Puan Maharani Pastikan Persiapan Asian Games Tak Ada Masalah

Yulida Medistiara - detikSport
Foto: Yulida Medistiara/detikSport Foto: Yulida Medistiara/detikSport
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, memastikan persiapan Asian Games 2018 tidak ada masalah. Termasuk, venue dan keamanan.

"Alhamdulillah tidak ada hal-hal yang krusial yang akan menjadi masalah kedepannya. Masalah keamanan juga sudah kami diskusikan dengan kepolisian dan TNI untuk membantu bagaimana semua hal itu bisa dilaksanakan. Semua hal yang berkaitan dengan izin tidak ada masalah, kemudian yang berkaitan dengan keamanan venue-venue yang ada di Jakarta ini juga enggak ada masalah," kata Puan, di kantornya, Jl Medan Merdeka nomor 3, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2018).


Baca Juga: Hampir Rampung, Pembangunan MRT Jakarta Capai 94,19%


Puan menjelaskan perkembangan persiapan Asian Games 2018 itu usai rapat pembahasan persiapan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Rapat ini dihadiri Mensos Idrus Marham, Menkominfo Rudiantara, CDM Asian Games yakni Wakapolri Komjen Syafruddin, CDM Asian Para Games yakni Wakil Jaksa Agung Arminsyah, Wakil Ketum Inasgoc Letjen (Purn) Syafri Syamsudin, Wagub DKI Sandiaga Uno, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Sri Hartoyo.

Puan menyebut berdasarkan laporan Sandiaga, venue Asian Games akan selesai dibangun pada akhir Juni. Dia berharap setelah venue dipakai untuk Asian Games, maka dapat dipakai pula untuk Asian Para Games yang akan digelar pada Oktober 2018. Selain itu, Puan menyebut koordinasi cabang olahraga telah berjalan dengan baik.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Syafruddin menegaskan keamanan menjelang Asian Games 2018 dijamin oleh kepolisian. Dia menyatakan adanya UU Terorisme yang baru bisa menambah level keamanan.

"Sebulan yang lalu, yaitu di Jakarta, Surabaya dan setelah itu ada beberapa pengembangan yang sudah dilakukan seluruhnya sudah bisa dikendalikan dengan baik dengan penerapan undang-undang teroris yang baru jadi tidak ada lagi yang menghawatirkan," kata Syafruddin.

Baca Juga: INAPGOC Gelar Simulasi Kedatangan-Keberangkatan Atlet Difabel

Syafruddin mengatakan stabilitas keamanan dimulai dari arus mudik, Asian Games dan Pilkada sudah diantisipasi polisi.

"Semua bisa dijaga stabilitasnya yang kesimpulannya stabilitas keamanan sampai saat ini kondusif dari semua event yang akan dihadapi, dari arus mudik lebaran kemudian persiapan Asian Games dan Pemilukada jadi itu satu paket seluruhnya ada itu dalam situasi yang bisa dikontrol seluruhnya," Syafruddin mengucapkan.


(yld/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed