detiksport
Follow detikSport
Kamis, 07 Jun 2018 17:45 WIB

Test Event Asian Para Games 2018 Dikawal 2.500 Personel Keamanan

Mercy Raya - detikSport
Simulasi Asian Para Games 2018. (Grandyos Zafna/detikSport) Simulasi Asian Para Games 2018. (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Pelaksanaan test event Asian Para Games 2018 di Jakarta akan mendapat pengawalan ketat. Panitia Penyelenggara akan menurunkan 2.500 personel gabungan Polri dan TNI.

Test event bertajuk Indonesia Para Games Invitational Tournament akan berlangsung 25 Juni sampai 3 Juli di Jakarta. Akan ada lima cabang yang dipertandingkan dalam agenda itu, yakni paraatletik, bulutangkis, paraswimming, tenis meja, dan wheelchair basketball. Rencananya, ajang itu akan diikuti tujuh negara dengan jumlah peserta 1.500 atlet dan ofisial.

Panitia Asian Para Games terus menggeber persiapan masing-masing bidang. Termasuk mematangkan keamanan.

Wakil Deputi IV Bidang Keamanan INAPGOC, Imam Sugianto, mengatakan ancaman teroris menjadi salah satu fokus. Untuk itu, pihaknya berupaya untuk menyiapkan keamanan bagi para peserta.

Baca Juga: INAPGOC Gelar Simulasi Kedatangan-Keberangkatan Atlet Difabel

"Sekarang kan lagi marak penebar teror, jadi itu yang kami prioritaskan. Apalagi di test event nanti sudah ada 1.500 atlet dan ofisial yang mendaftar," kata Imam dalam acara Rapat Koordinasi Teknis Pengamanan Test Event Asian Para Games 2018 di Hotel Sultan Jakarta, Kamis(7/6/2018).

Imam menyebutkan, pihaknya akan berkerja sama dengan TNI dan Satpol PP untuk mengamankan turnamen mini tersebut.

"Kurang lebih 2540-an personel yang akan diturunkan. Mereka gabungan dari polisi, TNI, dan Satpol PP juga. Tapi jumlah itu bisa saja meningkat tergantung ancamannya," sebutnya.

"Pengamanan lainnya yang sesuai dengan prosedur operasi standarnya di venue-venue yang akan dlaksanakan di games pertandingan itu, termasuk di para village itu akan benar-benar kami laksanakan. Terutama yang akan kita lengkapi adalah security door, " Imam menjelaskan.


(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed