detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 12 Jun 2018 12:50 WIB

Menang di Ceko, Rider Indonesia Ini Lanjut Fokus ke Misano

Raras Prawitaningrum - detikSport
Foto: Dok Yamaha Foto: Dok Yamaha
Jakarta - Galang Hendra Pratama yang merupakan lulusan VR46 Academy ini sukses merebut podium juara dalam balapan bergengsi WorldSSP300 di Sirkuit Brno, Ceko pada Minggu (10/6/2018). Garuda Muda asal Yogyakarta binaan Yamaha Indonesia tersebut membuktikan skill-nya hingga dapat meraih posisi tertinggi.

Lagu Indonesia Raya pun berkumandang dengan indah di tanah Eropa. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Indonesia yang turut menjadi saksi Galang Hendra berjuang di trek Sirkuit Brno.

Jalannya balapan Galang Hendra, yang start dari grid pertama, sangat menegangkan. Ia mengalami start yang kurang mulus dan sempat berada di urutan ke-2 setelah melalui tikungan pertama. Namun dengan berani dan agresif, Galang Hendra kembali mengambil alih status pimpinan balapan.


Ia terus memperlebar jarak dengan pebalap kedua. Di beberapa sektor, Galang sangat cepat dengan racing line yang rapi dan disiplin. Hingga akhirnya lomba dihentikan disebabkan adanya pebalap yang mengalami crash saat 3 lap menjelang finis dan bendera merah dikibarkan tanda dihentikannya jalannya balapan.

Galang terus memimpin jalannya balapan dengan gap 4,739 detik dan dinyatakan sebagai juara. Kemenangan ini menjadi kombinasi yang sempurna. Galang Hendra yang mengibarkan bendera tim Yamaha Pata Semakin Di Depan Biblion MotoX Racing membuktikan ketangguhan perfoma YAMAHA YZF-R3, model global yang diproduksi di Indonesia.

Walaupun YZF-R3 kalah dalam raihan top-speed dengan Ninja 400 dan RC390R, tapi Galang Hendra dapat mengoptimalkan skill balapnya. Berdasarkan data saat race, top speed YZF-R3 Galang Hendra mencapai 181,8 km/jam. Sedangkan Ninja 400 dan RC390R masing-masing di angka 198,2 km/jam yang diukir Loureiro (DS Junior Team) dan 194,9 km/jam oleh Grunwald (Freudenberg KTM WorldSSP Team).

Unggul di 4 sektor trek Brno yang memiliki panjang 5,403 km Galang Hendra sangat dominan dan mampu memaksimalkan perpaduan skill dengan motornya sejak latihan bebas hingga kualifikasi dan warm up. Galang Hendra yang berusia 19 tahun ini dapat konsisten menjadi yang tercepat. Bahkan ia menjadi yang terbaik secara keseluruhan dan di antara semua pebalap YZF-R3 dan rider program bLU cRU Challenge.

"Alhamdulillah, saya sangat bahagia dan bahagia dengan meraih podium juara untuk Merah Putih Semakin di Depan. Terima kasih kepada tim, sponsor, masyarakat Indonesia dan keluarga yang mendukung dan mendoakan. Saya akan melakukan yang terbaik dan fokus untuk balap selanjutnya di Misano," ujar Galang yang saat ini ada di posisi ke-8 dalam klasemen sementara WorldSSP300.


Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Minoru Morimoto pun mengungkapkan Galang berhaslil membuktikan hasil yang luar biasa.

"Pada akhirnya kinerja Galang Hendra terbukti dari peraturan yang adil di WorldSSP300. Ini adalah penghargaan untuk YZF-R3 yang dibuat di Indonesia dan Galang Hendra berasal dari Yogyakarta, Indonesia. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mendapat kehormatan dengan prestasi Galang Hendra yang juga pebalap binaan Yamaha Indonesia."

"Untuk semua fans Indonesia, teruslah dukung Galang dan Yamaha. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada sponsor yang mendukung Galang dan aktivitas kami. Terima kasih banyak dan Yamaha Semakin Di Depan," katanya. (ega/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed