detiksport
Follow detikSport
Kamis, 21 Jun 2018 19:55 WIB

Menpora Kantongi Potensi Medali Emas Indonesia di Asian Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, sudah mengantongi gambaran kasar potensi medali emas untuk kontingen Indonesia di Asian Games 2018. Data final akan didapatkan usai entry by name.

Indonesia mematok target untuk menembus 10 besar pada Asian Games mulai 18 Agustus hingga 2 September di Jakarta dan Palembang. Hingga saat ini, Indonesia kesulitan untuk membaca kekuatan lawan. Untuk mengetahui skuat lawan, Kemenpora menunggu pendaftaran nama atlet yang dibatasi pada 30 Juni nanti.

"Gambarannya sudah kelihatan 80 persen. Setelah 30 Juni, entry by name selesai, saya akan konfirmasi langsung kepada cabor. Baik hasil try out seperti apa, pelatnas seperti apa, lalu hasil evaluasi yang dipimpin KONI itu seperti apa. Baru kita akan konfirmasi terakhir target medali apakah sesuai dengan yang sudah kita catat sebelumnya atau tidak," kata Imam di Kantor Kemenpora, Senayan, Kamis (21/8/2018).

Baca Juga: Peralihan Tongkat Jadi Fokus Tim Estafet 4x100 Meter Jelang Asian Games 2018


"Tidak lama, setelah itu kita akan dapat melihat semua, negara-negara peserta karena ada beberapa cabor yang kami harus persiapkan detail sampai jumlah negara juga harus dihitung," dia menjelaskan.

"Sebagai contoh cabang tenis meja, negara mana saja yang ikut, atletnya siapa saja yang diturunkan oleh Thailand, Malaysia, China, Korea, dan Jepang. Waktunya cukup karena semua masih melihat, saling melihat satu sampai lain," ujar dia.

Di sisi lain, Menpora berharap seluruh stakeholder dapat berkoordinasi untuk mewujudkan target prestasi peringkat 10 besar.

"Bahwa target 10 besar itu sesuatu yang harus diwujudkan bersama-sama. Insya Allah dengan berkah ramadan kita semua akan lebih semangat lagi. Dan, sejauh ini semua berjalan dengan baik, bahwa ada proses internal itu biasa dan lumrah, dan itu sudah tertangani," katanya.

"Yang pasti pemerintah sudah memberikan kepada pemimpin-pemimpin cabang olahraga untuk mengelola (dana pelatnas). Sejauh ini, alhamdulillah, tidak ada keluhan sedikitpun tentang alat, tidak ada. Itu artinya kita sudah betul-betul siap tancap gas," ujar dia. (mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed