DetikSport
Senin 25 Juni 2018, 12:05 WIB

Ini Skuat Inti Timnas BMX Indonesia ke Asian Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Ini Skuat Inti Timnas BMX Indonesia ke Asian Games 2018 Foto: Pradita Utama/detikSport
Jakarta - Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) menetapkan dua pebalap dalam skuat inti Timnas balap sepeda BMX putra di Asian Games 2018. Yakni, Toni Syarifudin dan I Gusti Bagus Saputra.

Indonesia memiliki tiga pebalap potensial yang diyakini mampu bersaing di Asian Games 2018. Mereka adalah Toni, Bagus, dan Rio Akbar. Namun, hanya ada dua tempat untuk masing-masing negara peserta.

PB ISSI menggelar seleksi untuk menentukan dua pebalap terbaik. Seleksi pada 5 Juni dan 21 Juni. Bagus selalu menjadi yang terbaik, sedangkan Toni dan Rio menyusul di urutan kedua dan ketiga.

Baca Juga: Bagus Optimistis Tampil di Asian Games 2018

"Kami ada dua parameter, teknis dan nonteknis. Ini memang pilihan sulit buat kami di komite prestasi dan timnas karena semua jagoan. Jika bicara tes, Bagus dari tes pertama dan terakhir selalu unggul. Toni nomor dua dan Rio selalu nomor tiga," kata Ketua Badan Tim Nasional Balap Sepeda, Budi Saputra, kepada detikSport, Senin (25/6/2018).

"Catatannya, sesuai dengan instruksi Ketua Umum PB ISSI (Raja Sapta Oktohari) siapa yang terbaik di Pulo Mas (itu yang dipilih) karena venue yang dipertandingkan di sana," dia menambahkan.

PB ISsi mengaku kesulitan dalam menentukan pebalap inti di timnas Timans BMX. Sebab, Rio memiliki catatan apik sebagai juara asia 2018.

"Semua trek BMX punya karakternya masing-masing tapi untuk saat ini memang hapalannya ada di Pulo Mas. Jika bicara prestasi semua baik, seperti Bagus juara emas SEA Games, lalu Toni olimpian 2016, dan Rio pemenang Kejuaraan Asia 2018," Budi menjelaskan.

Baca Juga: Terkendala Visa, Timnas BMX Batal Uji Coba ke Korea

"Cuma yang menjadi catatan, Rio secara keberuntungannya tinggi. Kemarin saat Kejuaraan Asia itu kondisinya Bagus dan Toni jatuh, kemudian pesaing kita, pebalap Korea tak berangkat karena persiapan Kejuraan Dunia, itu keberuntungan Rio di sana. Tapi keberuntungan ini disertai kerja keras dia. Secara teknik Rio paling unggul tapi ada non teknis yang menjadi penilaian pelatih," ujar dia.

Kendati tak lolos seleksi, Rio akan tetap menjadi bagian Timnas BMC. Statusnya sebagai pebalap cadangan.

"Tanpa mengecilkan hati Rio dengan menempatkan dia sebagai cadangan. Artinya, kami tetap berharap Rio siap menghadapi Asian Games ini," tuturnya.

Sementara untuk sektor putri, Timnas BMX diperkuat oleh Wiji Lestari dan Cupi Novianti.


(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed