detiksport
Follow detikSport
Senin, 02 Jul 2018 18:05 WIB

Jawa Barat Siap 98 Persen untuk Gelar Asian Games 2018

Indra Komara - detikSport
Kesiapan Jawa Barat untuk menggelar Asian Games 2018 sudah 98 persen (Foto: Rengga Sancaya) Kesiapan Jawa Barat untuk menggelar Asian Games 2018 sudah 98 persen (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Pj Gubernur Jawa Barat M Iriawan mengatakan persiapan Asian Games 2018 di Jawa Barat sudah 98 persen. Masih ada yang perlu dipoles yakni venue sepeda gunung.

"Asian Games kemarin saya rapat dengan wapres. Pada prinsipnya 98 persen kita siap, sisanya penghalusan-penghalusan kita siap. Ada 5 cabang olahraga di sana ada 9 venue 7 kabupetan kota," kata Iriawan di Ruang Flores A Hotel Borobudur, Jl Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Senin (2/7/2018).

"Saya tentu sampling meninjau cabang sepeda mountain bike di Subang, itu yang dilaporkan sedikit ada jalan yang belum halus untuk lewatnya para atlet. Tapi insyalaah semua siap menyambut Asian Games," lanjutnya.

Iriawan melanjutkan, Jawa Barat tidak menerapkan ganjil-genap seperti di Jakarta untuk mengakomodir perjalanan atlet ke venue pertandingan. Penerapan yang mungkin dilakukan, kata Iriawan, adalah buka tutup jalan.

"Bandung nggak ada (ganjil-genap) karena rata-rata di luar semua. Jakarta kan di dalam kota, berarti pergerakan atlet dan sebagainya di sana kan. Mungkin di road bike balap sepeda di jalan, mungki baru buka tutup kepolisian melakukan itu," tuturnya.

"Masing-masing ada bidangnya kalau di Inasgoc ada deputi IV trafiic and security. Kita juga ada saya rasa Polda Jabar juga diarahkan mabes polri untuk buka tutup," katanya.

Kesiapan Jawa Barat menyambut Asian Games juga ditekankan pada sektor transportasi dan penginapan. Iriawan memastikan tak ada masalah soal akomodasi penginapan maupun kendaraan.

"Kita nggak ada masalah, karena Jabar terpisah-pisah jadi seperti kalau ada di Majalengka, ada tempat akomodasinya di sana, sepak bola di wilayah blBandung banyak juga, tidak terlalu masalah karena memang cukup tersedia," terangnya.

Setidaknya 7 kabupaten dan kota di Jabar akan terlibat dalam Asian Games 2018. Di antaranya, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bogor.

Jabar kebagian menjadi tuan rumah sepakbola dan paragliding pada Asian Games 2018 nanti.Sepakbola digeber di Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Stadion Patriot di Kota Bekasi, Stadion Wibawamukti di Kabupaten Bekasi, dan Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor. Paragliding di Gunung Mas Puncak di Kabupaten Bogor.

Selain sepakbola dan paragliding, Jabar juga menjadi tuan rumah pelaksanaan sepeda gunung, road race, dan kano/kano slalom di Asian Games 2018 nanti.


(idn/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed