DetikSport
Kamis 12 Juli 2018, 08:10 WIB

Matangkan Persiapan, Timnas Bola Tangan Putri TC di Vietnam

Amalia Dwi Septi - detikSport
Matangkan Persiapan, Timnas Bola Tangan Putri TC di Vietnam Foto: Dok. PB ABTI
FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Jakarta - Satu bulan menjelang Asian Games 2018, timnas bola tangan putri bertolak ke Vietnam untuk menjalani pemusatan latihan. Itu dilakukan demi mematangkan teknik dan memperbanyak jam terbang.

Sebanyak 14 atlet timnas bola tangan putri dilepas oleh Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan (PB ABTI) Mayjen TNI Dody Usodo Hargo di Jakarta, Rabu (10/7/2018). Timnas bola tangan putri akan berada di Hanoi, Vietnam, hingga 9 Agustus mendatang.

Dody mengungkapkan alasannya mengirim timnas bola tangan putri ke Vietnam agar persiapan menuju Asian Games 2018 semakin matang. Olahraga bola tangan dianggap belum mampu bersaing.

"Saya masih mendengar kritikan kalau timnas bola tangan belum mampu bersaing. Memang itulah kenyataannya karena bola tangan di Indonesia belum mendapat perhatian serius. Oleh karena itu, kami ingin menjadikan Asian Games ini sebagai momentum untuk menyiapkan atlet," ucap Dody dalam rilis yang diterima detikSport.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil II Ketua Umum KONI Pusat itu mengatakan, timnas bola tangan putri Indonesia harus bisa memanfaatkan status sebagai underdog dalam Asian Games. Oleh karena itu, mereka akan memanfaatkan training camp (TC) di Vietnam ini dengan sebaik-baiknya.

"PB ABTI dan federasi bola tangan Vietnam sudah menjalin komunikasi. Mereka berkomitmen kalau timnas mereka akan menjadi sparring partner kami selama di sana. Begitu pula kalau ada kompetisi-kompetisi, kami akan diikutkan," kata Dody.

Sebelum ke Vietnam, timnas bola tangan putri juga sudah menjalani try out di Thailand. Dody menilai kekuatan timnas bola tangan harus lebih ditingkatkan lagi.

"Kalau dibandingkan dengan awal-awal masa persiapan, progres mereka sudah sangat terlihat. Kami pun berharap, latihan di Vietnam ini semakin memperbaiki kekurangan yang masih terlihat," dia menambahkan.

14 atlet dari total 16 yang mengisi skuat timnas berangkat ke Vietnam didampingi oleh manajer, dua pelatih, dan satu tenaga masseur. Sementara Shantika Ayuning dan Sri Nurlinda menyusul karena harus mengurus administrasi pendidikan dan pemulihan dari cedera ligamen.



(ads/mfi)

FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed