detiksport
Follow detikSport
Kamis, 12 Jul 2018 16:18 WIB

Tenaga Lalu M Zohri untuk Bertarung di Kejuaraan Dunia Disuplai KBRI

Randy Prasatya - detikSport
Foto: Grandyos Zafna/detikSport Foto: Grandyos Zafna/detikSport
Jakarta - Ada cerita unik di balik keberhasilan Lalu Muhammad Zohri dalam Kejuaraan Dunia Atletik U-20. KBRI harus menyuplai makanan khas Indonesia karena Lalu tak bisa makan makanan Finlandia.

Lalu keluar sebagai juara dunia di Finlandia setelah mencatatkan waktu 10,18 detik untuk nomor lari 100 meter. Dia mengalahkan dua atlet asal Amerika Serikat yang ada di belakang Lalu.


Lalu, yang berusia 18 tahun, adalah atlet asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. Menurut pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Finlandia. Lalu tak bisa makan-makanan setempat.

Cara untuk memenuhi makanan Lalu, pihak KBRI pun harus menyuplai makanan ke Tampere, kota tempat kejuaraan digelar. Jarak tempuh dari KBRI ke Tampere setidaknya memakan waktu dua jam.


"Atlit Lalu M. Zohri ini karena langsung dari daerah (Lombok), dia tidak bisa makan makanan Finland," kata perwakilan dari KBRI di Finlandia kepada detikSport.

"Dia tidak mau makan, jadi setiap hari saya kirim nasi dan lauk Indonesia dari Helsinki ke Tampere. Lumayan, dua jam berkendaraan," dia menambahkan.

"Alhamdulillah dia berhasil juara dunia. Padahal tahun 1986. kita cuma berhasil di peringkat kedelapan," ujar pihak KBRI.

(ran/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed