DetikSport
Kamis 12 Juli 2018, 18:45 WIB

Suryo Agung: Jangan Bebani Lalu Berlebihan!

Mercy Raya - detikSport
Suryo Agung: Jangan Bebani Lalu Berlebihan! Foto: Dok
FOKUS BERITA: Sprinter Lalu M Zohri
Jakarta - Manusia Tercepat Asia Tenggara, Suryo Agung Wibowo, optimistis Lalu Muhammad Zohri bakal lebih hebat ketimbang dirinya. Tapi, dia minta agar publik sabar dengan proses yang dijalani Lalu.

Lalu menjadi perhatian publik setelah berhasil menjadi juara dunia U-20 di Finlandia. Dia mencatatkan waktu 10,18 untuk menjadi jawara di ajang Kejuaraan Dunia Atletik U-20 itu.

Catatan waktu itu tinggal berjarak 0,01 detik dengan Suryo. Dia membuatnya di SEA Games 2009 Laos.



Berkaca pengalamannya, Suryo berharap agar PB PASI konsisten membina Lalu. Selain itu, dia minta kepada publik agar tak berlebihan memberikan beban kepada atlet asal Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.

"Saya berharap lalu tetap membumi. Selain itu, saran saya (sebenarnya) lebih ke luar atlet. Lebih ke pengurus, pemerintah, teman, masyarakat juga karena dia kan masih muda. Jadi, harapan saya jangan terlalu banyak beban yang diberikan kepada dia," kata Suryo yanng dihubungi detikSport, Kamis (12/7/2018).

"Saat saya ditanya apakah saya menaruh harapan pada dia. Tentu saja, iya. Tapi, saya menyadari semua itu ada jenjangnya. Itu yang harus kita semua pahami dan jaga," ujar pria berusia 34 tahun tersebut.

Secara khusus, Suryo menyarankan agar Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mampu menjaga Lalu. Selain itu memunculkan Lalu-Lalu lainnya.

(Dengan prestasi Lalu), artinya sekarang sudah ketemu pola pembinaan prestasi yang benar. Jadi, dipertahankan dan dijaga baik-baik. Melihat usia masih muda jadi biar prestasi benar-benar puncak dan tahan lama. Kan yang diharapkan seperti itu," ujar Suryo.

Suryo juga berharap agar timnas atletik menjadikan sukses lalu sebagai inspirasi saat tampil di Asian Games 2018.

"Kalau nomor estafet bagi saya mau junior atau senior tidak ada perbedaan. Ini kan nomor beregu dan kompleks jadi saya pribadi jika berempat bisa melaksanakan tugas dengan baik maka hasilnya akan bagus. Jadi tak semata-mata Lalu juara dunia kemudian hanya mengandalkan dia saja. Tim estafet kan berisi 4 orang," Suryo menegaskan.



(mcy/fem)

FOKUS BERITA: Sprinter Lalu M Zohri
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed