detiksport
Follow detikSport
Jumat, 13 Jul 2018 23:45 WIB

11 Agustus, Obor Asian Games 2018 Mampir di Bandung

Tri Ispranoto - detikSport
Walikota Bandung, Ridwan Kamil. (Foto: Rifkianto Nugroho/Detikcom) Walikota Bandung, Ridwan Kamil. (Foto: Rifkianto Nugroho/Detikcom)
Bandung - Obor Asian Games 2018 yang akan melewati kota Bandung pada 11 Agustus mendatang. Pemkot Bandung tengah mempersiapkan acara untuk penyambutan.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan acara tersebut sangat langka karena terakhir kali terjadi di Kota Bandung pada sekitar tahun 1960.

"Ya kami ingin membuat karnaval, tapi itu harus diizinkan oleh panitia pusat," ujar pria yang akrab disapa Emil itu usai rapat Asian Games 2018 di Pendopo Kota Bandung, Jumat (13/7/2018).

Jika diizinkan, obor tersebut akan dibawa keliling kota dengan menggunakan Bus Bandung Tour On Bus (Bandros) dengan tujuan akhir Pendopo Kota Bandung. Selanjutnya obor baru dibawa menuju Gedung Sate (Gesat).




Selain itu Emil juga mengusulkan agar selama dibawa dari Pendopo ke Gesat tidak dengan cara lari. Tapi dibawa secara perlahan dengan berjalan kaki.

"Nanti di belakang obor kami siapkan seperti Asia Afrika, ada pasukan drum band, pasukan kavaleri, paskibra ikut. Jadi rame," katanya.

Setelah rombongan mendekati Gesat, Emil akan membawa sendiri obor tersebut untuk diserahkan langsung pada Pj Gubernur Jabar M Iriawan.




"Nanti Pak Iriawan menerima, dan mungkin ikut berlari keesokan harinya untuk melepas ke Garut," ucapnya.

Emil mengatakan selain rangkaian tersebut pemerintah berencana menyemarakkan Asian Games dengan membuat sejumlah acara. Selain itu lima titik di Kota Bandung akan dibuat mural dengan tema olahraga.

"GBLA (Gelora Bandung Lautan Api) kita sumbangkan untuk latihan-latihan jika dibutuhkan oleh tim sepakbola," ujarnya.

Meski begitu Emil belum bisa memastikan itu semua. Sebab rapat kali ini adalah yang pertama digelar sehingga masih ada kemungkinan banyak perubahan untuk menyambut obor Asian Games 11 Agustus nanti. (cas/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed