DetikSport
Rabu 18 Juli 2018, 17:05 WIB

Api Abadi Mrapen untuk Obor Asian Games Disulut Puan, Dibawa Yustedjo

Akrom Hazami - detikSport
Api Abadi Mrapen untuk Obor Asian Games Disulut Puan, Dibawa Yustedjo Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menyulut api obor Asian Games 2018. (Akrom Hazami/detikSport)
Grobogan - Ratusan orang memadati lokasi pengambilan api obor Asian Games 2018 di Api Abadi di Dusun Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. Penyulutan api dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

Api ditaruh dalam thunderbox, kemudian diberikan ke Puteri Indonesia dan berlanjut ke Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Selanjutnya, oleh Ganjar diserahkan ke torch ambassador, Yustedjo Tarik, sang legenda tenis Indonesia. Prosesi penyerahan api berlangsung meriah.

Arak-arakan api obor Asian Games dimulai oleh Yustedjo dari Mrapen kemudian ke Candi Prambanan. Sebelumnya, api abadi akan terlebih dahulu mampir di Kota Semarang.



"Sejak 56 tahun lalu, Indonesia adalah tuan rumah Asian Games. Ini sejarah yang terkenang. Semoga sukes penyelenggarannya, sukses opening (dan) closing-nya," kata Puan dalam sambutannya, Rabu (18/7/2018).

Menurutnya, akan ada 5 miliar mata yang akan menyaksikan Asian Games. Momen ini, lanjut Puan, juga akan meningkatkan potensi UMKM, ekonomi dan pariwisata Indonesia.

"Saya dapat laporan ada 16 ribu orang dari 45 negara akan hadiri Asian Games di Jakarta-Palembang. Mereka akan menikmati juga kuliner, hingga pemandangan. Jateng bisa nampung menerima kunjungan wisatawan," katanya.

"Bahkan, kehormatan buat Grobogan karena apinya diambil mewakili seluruh Indonesia. Nantinya, di Candi Prambanan nanti sore, apinya dikawinkan dengan (api dari) India," ujar Puan.


(fem/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed