detiksport
Follow detikSport
Kamis, 19 Jul 2018 19:39 WIB

Venue BMX Asian Games Belum Sempurna

Mercy Raya - detikSport
Foto: Wahyu Putro A/Antara Foto Foto: Wahyu Putro A/Antara Foto
Jakarta - Venue BMX untuk Asian Games 2018 ternyata juga belum sepenuhnya beres. Ada perubahan yang harus dilakukan di venue tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh manager venue BMX, Toto Sugito, terkait trek yang bakal dipakai di Asian Games 2018.

"Kami saat buat trek itu semula tidak ada masukan dari delegasi teknis. Semua sudah oke. Tapi saat memasuki fase terakhir, mereka baru mengatakan kepada kami garis finis harus dimundurkan demi kepentingan kamera yang kaitannya dengan timing," kata Toto ketika ditemui di kawasan Pulo Mas, Jakarta Timur, Kamis (19/7/2018).

"Tentu perubahan ini akan memengaruhi panjang trek. Dari yang tadinya 360 meter menjadi 365 meter. Awalnya, kami ingin bertahan dengan jarak awal untuk latihan atlet karena mereka sudah terbiasa. Mungkin kalau dimundurkan akan butuh waktu untuk mereka beradaptasi lagi," ujarnya lagi.


Toto menuturkan, pengubahan panjang trek tak akan butuh waktu lama. Pengerjaannya hanya membutuhkan waktu sepekan.

"Secara pengerjaan tidak masalah. Paling lama total sepekan ditambah dengan pemasangan lampu. Meski lampu tak ada kaitannya dengan Asian Games. Jadi ini pasti akan beres," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Asian Cycling Confederation (ACC) Onkar Singh mengapresiasi Indonesia dalam membangun venue BMX berkelas dunia.

"Saya sangat senang melihatnya. Ini adalah satu satu trek terbaik yang pernah saya lihat," kata Onkar di sela-sela tinjauannya.

"Trek yang bagus dan juga tentunya baru. Semua fasilitas tersedia dengan baik. Saya harap trek ini dapat menjadi trek yang cepat dan rekor-rekor baru akan tercipta di sini. Lajurnya bagus. Semuanya bagus," ucapnya.

"BMX adalah bagian yang menarik dan sangat penting dari olahraga balap sepeda. Dan inilah yang menjadi salah satu fokus bagi ACC yang akan dikembangkan ke depannya. Kita tidak mempunyai banyak trek BMX di berbagai negara."

"Dan ketika fasilitas sudah dibangun, saya melihat Indonesia telah melakukan yang terbaik dalam hal kaitannya dengan kejuaran BMX. Saya sangat puas dan saya harap semua partisipan akan merasa senang dengan semua fasilitas ini," dia mengharapkan.

(mcy/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed