detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 20 Jul 2018 17:24 WIB

Di Blitar, Kirab Obor Asian Games 2018 Start di Makam Bung Karno

Erliana Riady - detikSport
Menteri Koordinator PMK Puan Maharani (Kiri) menyerahkan Api Obor Asian Games 2018 kepada atlet tenis meja Ling Ling Agustin (Foto: Irfan Anshori/Antara Foto) Menteri Koordinator PMK Puan Maharani (Kiri) menyerahkan Api Obor Asian Games 2018 kepada atlet tenis meja Ling Ling Agustin (Foto: Irfan Anshori/Antara Foto)
Blitar - Blitar menjadi salah satu tempat yang disinggahi Kirab Obor Asian Games 2018. Di sini, acara dimulai dari areal Makam Bung Karno.

Kirab Obor Asian Games 2018 di Blitar, Jumat (20/7/2018), dimulai dengan ziarah ke Makam Bung Karno. Acara dimulai ketika Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani memasuki areal Makam Bung Karno pada pukul 12.35 WIB.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir lebih dulu hadir di lokasi. Kepada para wartawan, Erick menjelaskan tujuan dari kirab obor Asian Games.

"Visi Torch Relay ini juga mempromosikan Indonesia. Blitar sebagai kota sejarah kota tempat dimakamkannya Proklamator Bangsa. Kita juga akan melewati kota-kota pariwisata seperti Malang dan Banyuwangi," kata Erick.



Terkait persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Erick mengaku telah menyiapkan semuanya sebaik mungkin. Potensi adanya kabut asap di Palembang juga sudah diantisipasi.

"Kami sudah koordinasi dengan berbagai pihak agar tidak sampai ada asap saat pelaksanaan nanti," katanya.

Di areal Makam Bung Karno, api Asian Games dibawa masuk oleh atlet tenis meja Lingling Agustin. Iringan pembawa api dengan pengamanan polisi bersenjata laras panjang ini disambut gemuruh rampak gendang. Sekitar 30 personel Anoraga Perkusion lengkap dengan pakaian prajurit zaman kerajaan menyambut mulai di pintu masuk areal Makam Bung Karno.

Lingling kemudian menyerahkan api Asian Games yang berada di dalam lentera kuningan kepada Puan yang telah menunggu di dalam areal Makam Bung Karno.

"Pada hari ini kami serahkan api Asian Games 2018 kepada Ibu Puan selaku Menko PMK di Makam Bung Karno," kata Lingling sambil menyerahkan lentera kepada Puan.



Puan meletakkan lentera itu di meja kecil. Lingling kemudian diajak untuk berdoa di pusara Makam Bung Karno. Tak lama kemudian, dengan bergandengan tangan mereka berdua menjauh dari nisan.

Lentera berisi api Asian Games 2018 diserahkan kembali ke Lingling untuk diarak mengelilingi Kota Blitar.

Puan dan Lingling menaiki mobil bak terbuka keluar dari areal Makam Bung Karno. Arak-arakan mobil menyusul di belakangnya. Usai keliling beberapa jalan utama, api akan diserahkan ke Wawali Blitar Santoso di kantor walikota Blitar.

"Api akan diletakkan di depan patung Bung Karno di sini. Biar semakin semangat negara kita sebagai tuan rumah Asian Games 2018 ini," kata Wawali Kota Blitar, Santoso.

Menko PMK Puan Maharani (Kiri) menyerahkan Api Obor Asian Games 2018 kepada Wakil Wali Kota Blitar Santoso Menko PMK Puan Maharani (Kiri) menyerahkan Api Obor Asian Games 2018 kepada Wakil Wali Kota Blitar Santoso (Foto: Irfan Anshori/Antara Foto)
(mfi/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed