DetikSport
Sabtu 21 Juli 2018, 23:32 WIB

Pawai Obor Asian Games 2018 Sampai di Situbondo

Ghazali Dasuqi - detikSport
Pawai Obor Asian Games 2018 Sampai di Situbondo Api Asian Games sampai di Situbondo. (Foto: Ghazali Dasuqi/Detikcom)
Situbondo - Pawai obor Asian Games 2018 sudah sampai di Situbondo. Rombongan pengantar api pasta olahraga se Asia itu disambut oleh pejabat setempat.

Lantunan salawat badar dari pasukan 1.000 hadrah langsung menggema, saat kirab obor Asian Games tiba di Situbondo, Sabtu (21/7/208).

Penyambutan rombongan kirab ini dilakukan di Tugu 1.000 KM Anyer-Panarukan, di Kecamatan Panarukan. Di tempat ini juga dilakukan penyerahan obor Asian Games 2018 kepada Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto, sebelum akhirnya diarak keliling Kota.

Pengamatan detikcom menyebutkan, obor Asian Games XVIII 2018 diarak dengan menggunakan kendaraan jeep terbuka. Dengan pengawalan ketat aparat TNI dan Polri, rute arak-arakan melintasi jalan Jenderal Sudirman - Ahmad Yani dan Jalan Madura Lalu berbelok ke arah barat menyusuri Jalan Pemuda - Jalan Diponegoro - Jalan Kartini, hingga finish di depan pendopo kabupaten.




Selama arak-arakan keliling kota, masyarakat Situbondo tampak antusias masyarakat memberikan sambutan. Puluhan ribu warga dan siswa berjejer di tepi jalan. Di antaranya juga sambil mengibar-ngibarkan bendera merah putih ukuran kecil, saat rombongan kirab obor melintas di depannya.

"Hidup Indonesia, Indonesia Bisa, Indonesia Pasti Juara..!!," teriak serombongan siswa di tepi jalan.

Selama diarak di Kota Situbondo, obor Asian Games dibawa oleh Billa Dwi Alviantoro, atlet anggar peraih medali perunggu dalam kejuaraan Southeast Asian Fencing Champhionship di Kuala Lumpur, pada Januari 2018 lalu. Billa didampingi langsung oleh Bupati Dadang dan Wakilnya, H Yoyok Mulyadi.

"Secara pribadi saya sangat bangga dipercaya membawa api Asian Games ini. Saya tidak menyangka sebelumnya. Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Allah, Bapak Bupati, dan Ketua KONI Situbondo," kata Billa.




Setibanya di Pendopo Kabupaten, lantunan Salawat Badar kembali menggema menyambut rombongan kirab obor Asian Games 2018. Selain itu, sejumlah kesenian tradisional Situbondo juga ikut ditampilkan. Mulai dari tari Ojhung, budaya Can-macanan, dan lainnya.

Usai ramah tamah sebentar, rombongan kirab melanjutkan perjalanannya menuju Bondowoso. Pelepasan rombongan dilakukan Bupati Dadang, dengan ditandai penyerahan kembali obor Asian Games 2018.

"Tadi kita menyaksikan betapa masyarakat Situbondo memberikan sambutan yang sangat luar biasa. Ini simbol yang harus dimaknai secara positif dan sebagai doa," ujar Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto.

"Mudah-mudahan pelaksanaan Asian Games di Indonesia ini sukses acara dan sukses prestasi. Sukses prestasi harus menjadi bagian terpenting dari pencapaian atlet kita. Mudah-mudahan para atlet kita bisa menyumbangkan yang terbaik untuk bangsa Indonesia," kata Dadang mengungkapkan harapan.



(cas/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed