DetikSport
Minggu 22 Juli 2018, 19:55 WIB

Cerita Mantan Atlet Dayung Sambut Obor Asian Games di Makassar

Ibnu Munsir - detikSport
Cerita Mantan Atlet Dayung Sambut Obor Asian Games di Makassar Suhartati, mantan atlet perahu naga dari Makassar. (Ibnu Munsir/detikSport)
Makassar - Kirab obor Asian Games 2018 akan melewati Makassar. Mantan pedayung nasional, Suhartati, terharu mengingat kerja keras dan medali-medalinya saat masih menjadi atlet.

Suhartini mendapatkan tugas untuk membawa obor Asian Games 2018. Dalam estafet di Makassar, api obor Asian Games dibawa oleh KRI Dewaruci di perairan Kota Makassar dan akan melewati tempat bekerja yaitu Lantamal VI.

"Kenyataan ini seolah-olah membangkitkan semangat saya waktu berlomba di Asian Games beberapa waktu silam. Kejadian ini akan menjadi cerita manis dalam sejarah hidup saya pernah mewakili Indonesia di event Asian Games di cabang olahraga dayung dan akan bertemu kembali dengan api obor Asian Games di Makassar," kata Suhartini dalam rilis kepada detikSport, Minggu (22/7/2018).



Suhartati yang juga anggota Kordinator Cabang (Korcab) VI Daerah Jalasenastri Armada II (DJA II) Makassar mewakili Indonesia untuk kali pertama di SEA Games 1997 Jakarta. Waktu itu, dia meraih dua medali emas dan satu perak kayak individu putri, kemudian SEA Games 1999 di Brunei Darussalam dengan medali tiga perak di dragon boat, berlanjut SEA Games 2003 Vietnam dengan dua medali emas.

Untuk tingkat Asia, Suhartati berhasil mencapai Asian Games tahun 2002 di Busan, Korea pada urutan keempat dan Asian Games 2010 Guangzhou 2010 dengan medali tiga perak.

Cerita Mantan Atlet Dayung Sambut Obor Asian Games di MakassarFoto: Ibnu Munsir/detikSport


"Waktu itu tim dayung Indonesia dapat rekor MURI, karena dalam sejarah baru dayung mendapat medali terbanyak di ajang Asian Games Guangzhou 2010." jelasnya istri Serma (PM) Arsal ini. Perahu naga putra mendapatkan tiga emas di Asian Games 2010 itu.

Kegembiraan ini turut dirasakan oleh Ketua Korcab Koordinator Cabang (Korcab) VI DJA II, Risanti Dwi Sulaksono. Risanti bangga salah satu anggotanya, Suhartati, mempunyai prestasi gemilang di Asian Games bahkan tingkat dunia. Ketua Korcab VI yang baru menjabat lima bulan ini, sangat mengapresiasi anggotanya yang telah mengharumkan nama Indonesia diantara negara-negara Asia lainnya.

Cerita Mantan Atlet Dayung Sambut Obor Asian Games di MakassarFoto: Ibnu Munsir/detikSport


"Ucapan terima kasih yang tulus serta apresiasi yang tinggi atas prestasi yang telah diraih Suhartati yang berhasil masuk dua kali di ajang olahraga Asian Games dicabang dayung bahkan tingkat dunia ," kata Risanti.

Rencananya obor Asian Games 2018 tiba di Makassar pada Sabtu 28 Juli 2018 dan akan dibawa menggunakan Kapal Dewaruci di Lantamal VI kemudian menuju Anjungan Pantai Losari untuk diarak.


(fem/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed