detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 26 Jul 2018 19:10 WIB

Kostum Defile Kontingen Indonesia di Asian Games Diluncurkan

Femi Diah - detikSport
Foto: Femi Diah/detikSport
Jakarta - Komite Olahraga Indonesia (KOI) menggaet apparel lokal untuk mendesain seragam defile kontingen Indonesia di Asian Games 2018. Berwarna merah putih.

Indonesia akan tampil di Asian Games 2018 sebagai kontingen terbesar. Dalam opening dan closing ceremony, yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, kontingen Indonesia diperkenalkan dengan kostum merah putih.

Adalah produsen pakaian The Executive yang dipercaya mendesain seragam kontingen Indonesia. Peluncuran kostum dilakukan di sebuah mal di Jakarta Selatan, Kamis (26/7/2018).

Pemilihan The Executive sebagai penyedia kostum defile kontingen Indonesia ditunjuk oleh KOI. Saat perkenalan kostum itu, atlet voli Pungky Afriecia, lifter Eko Yuli Irawan, dan pebaset Arki Dikania Wisnu yang menjadi model.



"Kami mengangkat brand-brand lokal karena kami tim Indonesia. Saya inginnya atlet Indonesia ditempel brand lokal semua, tapi tidak mungkin," ujar Ketua KOI, Erick Thohir, dalam pidato sambutan.

"Melihat desai, kualitas, dan persaingan bisnis, saya optimistis bisa saling mendukung. Paling tidak di level Asia. Bisa saling promosi," dia menambahkan.


Kostum Defile Kontingen Indonesia di Asian Games Diluncurkan  Foto: dok The Executive


Sementara itu, Thomas Farial, presiden direktur PT Delamibrands Kharisma Busana, menyambut antusias tawaran KOI tersebut. Mereka langsung memilih warna merah putih untuk seragam atlet.

"Saat mendapatkan tawaran untuk mendesain seragam defile tim Indonesia, kami tidak berpikir dua kali. Ini suatu kebanggaan sebagai salah satu dari sedikit brand lokal yang eksis di Jakarta dan Indonesia. Tawaran itu langsung kami ambil," ujar Thomas.

"Saat ini, kami dikenal sebagai office wear. Tapi, kami harus mengikuti perubahan, sekarang ada T-shirt, jeans, dan collection sport," dia menjelaskan.




Seragam atlet kontingen Indonesia pada acara pembukaan dan penutupan di Asia Games 2018 terdiri dari tiga komponen.

Untuk atlet putri akan mendapatkan T-shirt aksen v-neck warna putih, blazer tangan panjang double breast warna merah, dan celana panjang warna putih. Ditambahkan scarf dan hijab (untuk atlet berhijab) berpola batik parang dan niktik. Pada celana diberi aksen garis merah. Untuk kostum atlet putra, dilengkapi aksesori berupa pocket square.

"Kami memilih gaya smart casual dengan potongan slim fit. Garis siluet yang tegas dan tanpa aplikasi ornamen yang berlebihan memperkuat persona androgini," ujar Rita Zulkaidarati, general manager brand The Executive.


(fem/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com