detiksport
Follow detikSport
Sabtu, 04 Agu 2018 12:50 WIB

Dibawa 54 Penerjun Paskhas, Api Asian Games 2018 Tiba di Palembang

Raja Adil Siregar - detikSport
Kirab Obor Asian Games 2018 sudah sampai di Palembang (Raja Adil Siregar/detikSport) Kirab Obor Asian Games 2018 sudah sampai di Palembang (Raja Adil Siregar/detikSport)
Palembang - Kirab Obor Asian Games 2018 tiba di Kota Palembang. Api abadi mendarat di Stadion Jakabaring usai dibawa 54 penerjun dari Paskhas TNI AU.

Dari pantauan detikSport, 54 tim penerjun mendarat sempurna di Stadion Jakabarin pukul 08.00 WIB. Sebelum para penerjun mendarat, telihat pesawat aerobatik TNI AU bermanuver diatas langit Palembang dan dipiloti oleh Marsdya TNI (Purn) Eris Haryanto yang saat ini telah berusia 63 tahun.





Setelah mendarat di lapangan Jaka Baring, terlihat api abadi Asian Games langsung diterima Panglima TNI Marskal Hadi Tjahjanto. Selanjutnya api diyalakan dan dibawa lari oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin.

Alex Noerdi pun menjadi pelari pertama yang membawa obor asian games. Tak sampai 50 meter berlari, api yang dibawa Alex selanjutnya diberikan pada Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Tito terlihat membawa api menuju jalan raya dengan diikuti oleh ratusan pelari dari TNI-Polri dan warga di Kota Palembang. Termasuk salah satu mantan atlet bulutangkis, Ivanna lie dan artis Mikha Tambayong.

"Mimpi dan persiapan sudah sejak tahun 2011. Akhirnya jadi kenyataan dan dapat kita lihat hari ini, the dreams comes true," terang Alex dengan rasa bangga karena menjadi pelari pertama yang membawa api obor Asian Games, Sabtu (4/8/2018).




Secara terpisah, Hadi Tjahjanto menyebut torch relay dilakukan dengan pesawat hercules dan dibawa 54 penerjun solo airobatik. Hal ini dalam rangka memeriahkan perhelatan Asian Games.

"Maknanya, kemarin kita mengambil api dari India pakai pesawat TNI boeing 737. Harus diingat bahwa Dirgantara adalah pengawal kemerdekaan dan hari ini kita kawal api obor Asian Games," kata Hadi.


Dibawa 54 Penerjun Paskhas, Api Asian Games 2018 Tiba di PalembangFoto: Raja Adil Siregar/detikSport




"Wilayah Indonesia ini wilayah yang luas, kita memaknai bahwa api Asian Games akan mengikat semua wilayah dengan cara mengelilingi seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Kita bangga," sambungnya.

Untuk diketahui, obor Asian Games akan berada di Palembang hingga besok pagi. Api selanjutnya akan mengelilingi tujuh kabupaten di Sumatera Selatan hingga 7 Agustus. Selanjutnya api dibawa ke Kota Lampung.


(mrp/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed