DetikSport
Minggu 05 Agustus 2018, 18:33 WIB

Kontingen Indonesia di Asian Games 2018 Resmi Dikukuhkan

Yanu Arifin - detikSport
Kontingen Indonesia di Asian Games 2018 Resmi Dikukuhkan Pengukuhan kontingen Indonesia di Asian Games 2018. (Foto: Yanu Arifin/detikcom)
FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Jakarta - Kontingen Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018 resmi dikukuhkan. Selamat bertanding, putra dan putri terbaik tanah air.

Bertempat di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (5/8/2018), digelar acara Pengukuhan Tim Indonesia dan Penandatanganan Pakta Integritas CDM (Chief de Mission) Asian Games XVIII 2018.

Acara ini dihadiri sebanyak 350 atlet, ditambah offisial. Jumlah atletnya cuma sepertiga yang hadir dari total 937 atlet, lantaran banyak yang masih berada di luar negeri.

Acara dibuka oleh Menteri Koordinator Pembedayaan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Selanjutnya dibacakan Pakta Integritas oleh CdM Indonesia di Asian Games 2018 Syafruddin. Ia menegaskan kontingen Indonesia siap berjuang dan mengharumkan bangsa Indonesia.

Kemudian penandatanganan Pakta Integritas dilakukan antara Menteri Puan, CdM Syafruddin dan Erick Thohir selaku Ketua INASGOC. Acara kemudian dibacakan janji atlet.




"Selamat kepada tim Indonesia, seluruh kontingen baik atlet, pelatih, dan official yang terpilih untuk mewakili negara di Asian Games 2018," kata Puan.

"Dengan ini saya kukuhkan atlet Indonesia di Asian Games 2018," tutup Puan.

Asian Games 2018 menjadi kesempatan kedua Indonesia menggelar pesta olahraga se-Asia tersebut. Yang pertama terjadi pada tahun 1962.

Di Asian Games 2018, akan dipentaskan 465 nomor dari 40 cabang olahraga. Jumlah nomor dan cabang olahraga itu meningkat ketimbang di Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan empat yang mementaskan 39 nomor dari 36 cabang olahraga.

Di antara cabang olahraga baru itu, lima di antaranya menjadi lumbung emas Indonesia. Yakni, pencak silat, bridge, paralayang, jetski, dan panjat tebing.





(yna/cas)

FOKUS BERITA: Menuju Asian Games 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed