detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 07 Agu 2018 12:02 WIB

Harapan Medali Balap Sepeda Road Race di Pundak Aiman Cahyadi

Femi Diah - detikSport
Aiman Cahyadi diharapkan meraih medali di Asian Games 2018. (Grandyos Zafna/detikSport) Aiman Cahyadi diharapkan meraih medali di Asian Games 2018. (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Aiman Cahyadi menjadi pebalap road race yang digadang-gadang untuk meraih medali di Asian Games 2018 Jakarta Palembang. Itu berdasarkan hasil try out di Melbourne.

Aiman dan tiga pebalap lain, Dadi Suryadi, Robin Manullang dan Jamal Hibatulloh, menjalani training camp di Negeri Kanguru selama tiga pekan. Pada penutup rangkaian TC itu, mereka menjalani uji tanding dengan turun di Australia National Series.

Pelatih Timnas balap sepeda, Dadang Haris Purnomo, menyebut, mengacu pada indikator Functional Threshold Power (FTP), Aiman menunjukkan catatan waktu yang memuaskan. Dia pun percaya diri Aiman bisa mencetak sejarah di nomor road race individu.




"Hasil pelatnas di Australia sangat luar biasa, khususnya Aiman Cahyadi. Menurut FTP ini, Aiman berhasil memecahkan rekor pribadinya sebanyak dua kali," kata Dadang.

"Kalau melihat FTP ini, Aiman menjadi pebalap yang paling berpeluang mendapatkan medali, medali apapun. Dia sudah memiliki catatan waktu untuk kategori kelas dunia," tutur Dadang.

"Selama di Melbourne, Aiman baru merasakan latihan yang dua sampai tiga kali lebih berat dari porsi latihan yang dijalaninya selama menjadi pebalap pro. Dia mendapatkan bekal bagus dari Australia," Budi Saputra, manajer Timnas balap sepeda, menimpali.

Asian Games 2018 ini menjadi pengalaman kedua Aiman. Empat tahun lalu di Incheon, bapak satu anak itu finis di urutan ke-27 dengan catatan waktu 4 jam, 17 menit, dan 10 detik.

Merujuk hasil Kejuaraan Asia Balap Sepeda 2018 di nomor road race pada Februari, Aiman finis di peringkat ke-35. Juara menjadi milik pebalap Uni Emirat Arab, Mirza Al Hammadi, perak diraih Beppu Fumiyuki (Jepang), dan perunggu milik pebalap berpengalaman Iran Mehdi Sorabi.


Jika Aiman berhasil meraih medali dari nomor road race individu di Asian Games 2018, dia akan menjadi orang Indonesia kedua yang mendapatkannya. Fanny Liem naik podium dan diganjar medali perak di nomor tersebut pada Asian Games 1986.

(fem/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed