DetikSport
Jumat 17 Agustus 2018, 11:40 WIB

Loket Penjualan Tiket Asian Games di GBK Belum Buka, Warga: Ini Terburuk

Mercy Raya - detikSport
Loket Penjualan Tiket Asian Games di GBK Belum Buka, Warga: Ini Terburuk Foto: Mercy Raya/detikSport
Jakarta - Loket penjualan tiket Asian Games 2018 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) yang dijadwalkan buka mulai pukul 10.00 WIB masih tutup. Warga kesal.

Pembelian dan penukaran tiket Asian Games 2018 amburadul. Situs penjualan tiket online di KiosTix tak bisa diakses dalam empat hari terakhir. KiosTix juga gagal mengakomodasi penukaran e-voucher dengan tiket di Royal Enfield, Pejaten, Jakarta Selatan, yang lokasinya kurang lebih 10 km dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai venue Opening Ceremony Asian Games 2018.

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) kemudian merespons dengan membuka sejumlah ticket box alias loket penukaran dan penjualan tiket di area GBK. INASGOC membuka loket di pintu 2, 3, 4, dan 7.

Rencananya, loket itu dibuka mulai pukul 10.00 WIB sampai 20.00 WIB khusus Jumat (17/8/2018), dan 10.00 WIB sampai 16.00 WIB untuk Sabtu (18/8/2018). Tapi, sampai berita ini diturunkan loket di pintu 2, 3, dan 4 belum juga dibuka.




Dari pantauan detikSport, belum ada penjaga di area loket. Padahal beberapa pengunjung sudah datang untuk menukarkan tiketnya.

Mika, 27 tahun, misalnya. Warga Pondok Bambu, Jakarta Timur, ini dibuat bingung lantaran loket penjualan dan penukaran tiket itu belum dibuka. Padahal, dia datang lebih awal dengan harapan bisa segera menukarkan tiket secepatnya.


Loket penukaran tiket Asian games 2018 di pintu 4 GBK masih tutup. Loket penukaran tiket Asian Games 2018 di pintu 4 GBK masih tutup. (Mercy Raya/detikSport)


"Kacau. Saya sudah datang dari pagi dan mumpung libur dengan harapan pasti cepat tapi ternyata belum dibuka," kata Mika, yang datang bersama istri dan dua anak kecilnya.

Mika menyusuri jalan bersama keluarga kecilnya dari mulai pintu 2 sampai pintu 4. Namun tak ada petugas berjaga yang bisa memberikan keterangan dan pengumuman tertulis di area GBK. Dia sudah membeli empat tiket pembukaan.

"Volunternya juga ditanya tak ada yang dapat menjelaskan soal ini. Kantung parkir di sini juga tidak jelas. Saya tadi parkir di Senayan City karena bingung mau di mana. Tidak ada maping yang jelas," dia menyesalkan.




Hal yang sama dialami dua gadis, Maya Puspita, 23 tahun, dan Tristiana, 23 tahun. Mereka bahkan bilang pengaturan tiket Asian Games ini yang paling terburuk.

"Kami kecewa. Ini event Internasional tapi begini," kata Maya, terpisah.

Maya dan Ana tiba di tiket box pintu 4 pukul 10.44 WIB. Namun yang mereka lihat loket belum dibuka. Padahal, dari pengumuman yang diberikan INASGOC sudah jelas tertulis penukaan tiket di area GBK dibuka pukul 10 pagi.

"Ini yang terburuk dan terus terang kami kapok," ujar Maya. Kami diberi kabar di GBK sudah buka sejak pukul 12 siang, padahal pengumuman baru diberikan pukul 15.30 wib sore. Pag ini juga begitu," ujar Ana yang tak kalah kesal.

"Di luar ekspektasi karena kami kerja dan libur. Kami komplain. Kami mau komplain KiosTix dan INASGOC. Pokoknya semuanya," dia menambahkan.

"Saya belum pernah seperti ini dan ini yang terburuk dan kacau banget," kata warga daerah Bekasi ini.

Salah satu penjaga tiket box di pintu 7, Edo Dwi mengaku memang belum ada arahan dari KiosTix untuk membuka tiket box yang ada di Pintu 2,3, dan 4 GBK karena dikhawatirkan bakal mengganggu area jalan.

"Hari ini belum ada penutupan jalan jadi nanti dikhawatirkan akan mengganggu lalu lintas di GBK," ujar Edo.


(mcy/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed