detiksport
Follow detikSport
Sabtu, 18 Agu 2018 20:30 WIB

Mengheningkan Cipta untuk Korban Gempa Lombok di Pembukaan Asian Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Gempa bumi hebat di Lombok terjadi di tengah gegap gempita Asian Games 2018. Mengheningkan cipta dilakukan saat upacara pembukaan untuk menghormati para korban.

Asian Games 2018 resmi dimulai yang ditandai dengan upacara pembukaan di Stadon Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8/2018). Acara berlangsung spektakuler dengan panggung terbesar dan megah, yang dimeriahkan dengan ribuan penari dan performer.

Saat acara berjalan setengah, pada hadirin diminta menundukkan kepala sejenak untuk korban gempa bumi yang mengguncang Lombok pada akhir Juli lalu. Akibat bencana dahsyat itu, ratusan orang kehilangan nyawa dan ribuan bangunan hancur.


"Kita mengheningkan cipta untuk gempa bumi di Lombok dan berdoa agar daerah tersebut bisa lekas pulih," begitu bunyi suara dari speaker stadion yang kemudian disambut ucapan "aamin" dari kursi penonton.


Sebelum mengheningkan cipta, terlebih dahulu dilakukan pengibaran bendera Merah Putih oleh tim Paskibra dan iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh penyanyi Tulus.

Pengibaran bendera itu dilakukan dengan formasi yang terinspirasi dari upacara Hari Kemerdekaan Indonesia siap 17 Agustus di Istana Negara. Formasi terdiri dari tiga kelompok pasukan, dengan nama sesuai dengan jumlah anggotanya: pasukan 17 (pemandu), pasukan 8 (pembawa bendera), pasukan 45 (pengawal).

Jumlah anggota pasukan Paskibra mencerminkan tanggal kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Addie MS dipercaya menjadi pengarah musik. (mcy/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed