DetikSport
Sabtu 18 Agustus 2018, 21:22 WIB

Susy Susanti Sulut Api Kaldron Asian Games 2018

Mercy Raya - detikSport
Susy Susanti Sulut Api Kaldron Asian Games 2018 Pembukaan Asian Games 2018. (Foto: REUTERS/Issei Kato)
Jakarta - Kaldron Asian Games 2018 telah menyala. Susy Susanti menyulutnya, dengan obor yang secara estafet melewati tangan para legenda olahraga Indonesia.

Upacara pembukaan Asian Games 2018 digelar secara megah di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8/2018) malam WIB. Setelah pertunjukan tari, defile, sambutan, dan pembukaan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, acara dilanjutkan dengan rangkaian segmen.




Segmen air mengawali rangkaian tersebut, dilanjutkan segmen bumi, angin, dan terakhir api. Pada segmen api inilah kaldron atau obor raksasa Asian Games 2018 dinyalakan.

Legenda loncat indah Indonesia Lanny Gumulya masuk ke arena membawa obor, lalu menyerahkannya ke peraih emas Karate di Asian Games 1998, Arief Taufan.

Dari Arief, obor diserahkan ke Yustedjo Tarik sang petenis legendaris. Dari tangan Yustedjo, obor berpindah ke tangah Supriati Sutono yang merupakan mantan atlet lari.




Supriati lantas memberikan lagi obor ke I Gusti Made Oka Sulaksana. Oka Sulaksana-lah yang membawa obor naik ke 'gunung berapi' yang jadi setting panggung. Gunung ini juga yang bertindak sebagai kaldron Asian Games.

Oka Sulaksana kemudian menyerahkan obor dari tangannya ke Susy, yang jadi pembawa obor terakhir. Peraih medali emas Olimpiade 1992 ini lalu menyulut kaldron tersebut.

Kaldron Asian Games 2018 pun menyala diiringi sorakan penonton dan letupan meriah kembang api.



(raw/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed