DetikSport
Sabtu 18 Agustus 2018, 21:21 WIB

Aksi Panjat Tiang Bawa Joni ke Pembukaan Asian Games 2018 di GBK

Raras Prawitaningrum - detikSport
Aksi Panjat Tiang Bawa Joni ke Pembukaan Asian Games 2018 di GBK Joni dan Menpora Imam (Foto: Kemenpora)
Jakarta - Atas aksi heroiknya memanjat tiang bendera agar merah putih bisa berkibar, Yohanes Ande Kala diundang oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi ke Jakarta. Joni, sapaanya, jadi bisa menonton langsung pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Imam mengundang Joni karena kagum akan aksi heroiknya yang memanjat tiang bendara saat upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Belu, Atambua pada Jumat (17/8/2018).

Padahal saat itu Joni dikabarkan sedang sakit perut. Namun ketika melihat tali bendera rusak, ia langsung berinisiatif melepas sepatunya dan memanjat tiang bendera.




Terlebih Joni sebenarnya tengah sakit perut saat itu. Namun, melihat tali bendera rusak, Joni langsung berinisiatif melepas sepatunya dan memanjat tiang bendera.

"Saya kagum dengan semangat Joni. Ia adalah pahlawan yang sesungguhnya. Tanpa paksaan, tanpa persiapan, ia naik ke ujung tiang tertinggi," ujar Imam dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/8/2018).




Joni tak datang seorang diri ke Jakarta, ia turut didampingi oleh sang ayah, Victorino Fahik Marcal, dan ibunya, Lorensa Kai Ili.

"Saya juga berterima kasih kepada kedua orangtua Joni yang pasti sangat bangga dengan Joni," kata Imam.




Selain menyaksikan acara pembukaan Asian Games 2018, Imam juga mengajak Joni dan keluarga menonton aksi atlet nasional. Apalagi Joni bercita-cita untuk menjadi pesepakbola profesional.



(mul/ega)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed