detiksport
Follow detikSport
Minggu, 19 Agu 2018 02:27 WIB

Pembukaan Asian Games 2018, Mewujudkan yang Tak Masuk Akal Jadi Kenyataan

Yanu Arifin - detikSport
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Acara pembukaan Asian Games 2018 mendapat sambutan positif dari mayoritas masyarakat. Sebuah seremoni yang awalnya dinilai tidak masuk akal.

Asian Games XVIII 2018 secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Bertempat di Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu (18/8/2018), acara berlangsung meriah.

Acara berdurasi sekitar tiga jam itu mampu mengelaborasi hiburan, kebudayaan, semangat dari Asian Games 2018. Bahkan ada berbagai macam kejutan semisal aksi Presiden Jokowi naik motor.

Wishnutama, selaku Creative Director Opening & Closing Asian Games 2018 menjelaskan, acara dibuat dengan persiapan yang minim. Bahkan ia menilai membuat acara semacam ini tidak masuk akal jika pada akhirnya berhasil.

Pembukaan Asian Games 2018, Mewujudkan yang Tak Masuk Akal Jadi KenyataanPanggung besar yang digunakan dalam pesta pembukaan Asian Games 2018 (Agung Pambudhy)




"Tadi bisa dilihat sendiri, gimana, tapi seperti yang sudah dibilang, ini proses yang panjang, tidak mudah, karena kami cuma punya waktu satu tahunan. Secara logika entertainment, bikin acara sebesar ini tidak masuk akal," kata Wishnutama dalam konferensi pers usai acara.

"Saya sudah bilang ini gak mungkin, karena Inggris yang sudah berpengalaman saja, mereka butuh waktu 10 tahun mempersiapkan olimpiade London. Bahkan untuk Olimpiade Winter 2022 di Beijing, untuk panggung openingnya, mereka sudah mempersiapkannya dari sekarang."

"Jadi memang sebenernya ketika diberi tugas dalam waktu yang cukup pendek, buat pribadi secara logika: 'ah gila aja ini,' tapi dengan semangat dan cita-cita negara ini, ya semua yang terasa berat jadi benar-benar terlihat menjadi kerja bakti. Jujur saya dari lebaran sampai hari ini kerja terus sampai pagi, cuma absen dua hari karena sakit, jadi ini luar biasa dan saya bersyukur."



"Dan biasanya show besar kan harus butuh surprise, jadi selama ini kami tutup-tutupin kan, kalau gak ya gak jadi surprise. Karena itu bikinnya juga susah. Misalnya, mau minta izin keramaian, kan susah nutup-nutupinnya, takutnya ditanya buat apa misalnya acaranya."

"Dua hari hari menjelang ini, saya sudah tontonin terus, ada mungkin puluhan kali, bahkan semalem dicek lagi dan hasilnya seperti ini. Jadi saya amat bersyukur dan senang kalau acaranya berjalan sukses," jelasnya.

Netizen Korea Terpesona Aksi Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(yna/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed