DetikSport
Senin 20 Agustus 2018, 11:12 WIB

50 Becak Siap Antar Penumpang Secara Gratis Selama Asian Games

Raja Adil Siregar - detikSport
50 Becak Siap Antar Penumpang Secara Gratis Selama Asian Games Foto: Raja Adil Siregar/detikSport
Jakarta - Sebanyak 50 tukang becak mendapatkan tugas untuk mengantarkan penumpang ke Stadion Jakabaring Sport City (JSC) selama Asian Games 2018. Tak dipungut biaya alias gratis.

Pantauan detikSport, Senin (20/8/2018), puluhan tukang becak sudah siap di dua lokasi untuk mengantar dan jemput penumpang. Kedua lokasi tersebut yaitu OPI Mal dan Pusat Festival Sriwijaya di Dekranasda Jakanaring.

Koordinator becak Asian Games, Nizom, mengatakan puluhan tukang becak hari ini siap terlibat langsung mensukseskan Asian Games hingga 2 September. Para tukang becak siap mengantar mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

"Mulai hari ini ada 50 tukang becak yang akan mengantar jemput penumpang dari Opi Mal dan Dekranasda ke Stadion JSC. Dari pagi sampai sore penumpang akan digratiskan," kata Nizom saat ditemui di Dekranasda.




Fasilitas gratis ini, kata Nizom, diberikan setelah ada kesepakatan dengan Dinas Perhubungan Sumatera Selatan. Dimana para tukang becak minta dilibatkan pada gelaran Asian Games, khususnya di Kota Palembang.

"Kemarin sudah ada kesepakatan sama Dishub, hari ini kami mulai beroperasi di dua lokasi tadi. Jadi atlet, ofisial, media dan pengunjung dengan tujuan Stadion digratiskan dan begitu juga sebaliknya," ujar Nizom yang biasa mangkal di Palembang Indah Mall.

Sebagai koordinator, Nizom mengaku dia telah mengingatkan para tukang becak agar tidak meminta ongkos. Jika hal ini terjadi, maka diberikan sanksi tegas dari Dinas Perhubungan dan para Komunitas Becak Palembang.

"Saya sudah bilang sama teman-teman jangan minta ongkos lagi, kita ini sudah diberi upah oleh pemerintah. Meskipun kami sendiri belum tahu berapa ongkos harian yang nanti diganti, tapi memang harapannya di atas penghasilan harian Rp 100-200 ribu/hari," katanya.

"Sebenarnya becak di Palembang itu ada 650 yang terdaftar di komunitas. Tapi, yang diperbolehkan mangkal hanya 50 becak, terpaksa kami atur ulang dengan sistem gantian. Jadi semua tukang becak nanti ikut semua mendukung Asian Games," katanya.




(fem/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed