detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 22 Agu 2018 02:03 WIB

Meriahnya Balapan Malam ISSOM

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Balapan malam di ISSOM 2018 akhir pekan kemarin (dok.ABM Motorsport)
Sentul - Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) baru saja menggelar balapan malam akhir pekan kemarin. Ini jadi cara ISSOM ikut memeriahkan HUT ke-73 Republik Indonesia.

Tak seperti biasanya, ada yang unik dari ISSOM seri keempat akhir pekan kemarin di sirkuit Sentul, Jumat-Sabtu, 17-18 Agustus, yakni diperkenalkannya balapan malam untuk pertama kalinya. Ada enam kelas digelar di sana untuk memeriahkan juga ulang tahun ke-25 sirkuit.

Balapan malam ini lantas disambut meriah seluruh peserta mengingat tantangan yang harus dihadapi beda dari seri-seri sebelumnya. Total 109 pebalap turun di sesi malam dari total keseluruhan 256 pebalap di seri ini dan ada total enam kelas dipertandingkan.

Demi menghadapi balapan malam ini, pihak Sentul dan promotor ABM Enterprise sampai harus mempermak beberapa bagian sirkuit. Usaha ini pun terbilang berhasil karena ISSOM seri malam ini mendatangkan ribuan penonton.

"Kami selaku pelaksana, sangat bahagia pada Night Race ISSOM ini dapat berjalan dengan lancar, sebelumnya kami juga sudah mempersiapkan segala sesuatunya dan mengecek ulang agar ajang balap yang dilakukan pada malam hari dapat berlangsung aman dan nyaman. Sehingga pembalap juga tidak perlu khawatir dengan kondisi sirkuit dan para pebalap juga wajib melakukan tes kesehatan dan tes kendaraan sebelumnya", ujar Vivi Montolalu selaku CEO ABM Enterprise kepada detikSport.


Meriahnya Balapan Malam ISSOMFoto: dok.ABM Motorsport




ABM Enterprise juga menyediakan hiburan seperti live DJ dan firework yang membuat perhelatan Night Race semakin meriah dan menyenangkan. Penonton juga dapat menyaksikan seluruh jalannya balapan melalui Rooftop Sirkuit Sentul yang telah disiapkan penyelenggara dan bisa mengabadikan gambar melalui kamera smartphone.

Bahkan para penonton yang kelaparan atau kehausan selama acara bisa membeli makanan di beberapa food truck yang sudah disiapkan.

"Kami juga sangat berterimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung acara Night Race ISSOM seri ke-4 ini, mulai dari Sirkuit Sentul, Gazpoll, dan ETCC, serta tentunya masyarakat yang begitu antusias untuk menyaksikan ajang balap pada malam hari yang pertama kali diadakan di Asia ini," sambung Vivi.

Perhelatan ini pun mendapatkan apresiasi dari Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Sadikin Aksa, yang turut hadir di acara tersebut.

"Meskipun saya tahu untuk membuat balap malam seperti ini tentunya tdak mudah dan membutuhkan biaya tinggi, namun melihat animo pembalap dan penonton, saya rasa ini cukup berhasil, untuk kedepannya in bisa dikomersialkan seperti di luar negeri," tutur Sadikin.

Sementara itu, pebalap dari tim Toyota Team Indonesia (TTI) Haridarma Manoppo mengaku balapan malam ini sangat menarik dan memacu adrenalin.

"Ajang Night Race ini sangat menarik, karena sesuatu yang belum pernah saya lakukan. Saya ingin mengucapkan selamat untuk Sirkuit Sentul dan ABM Enterprise bahwa ajang balapan ini dapat menarik minat banyak orang sehingga masyarakat antusias untuk menonton balap mobil," kata Haridarma.


(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com