detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 25 Agu 2018 18:17 WIB

Nonton Asian Games di GBK Jangan Lupa Mampir Saudi House

Amalia Dwi Septi - detikSport
Suasana Saudi House yang digelar di area GBK di tengah gelaran Asian Games 2018 (Amalia Dwi Septi/detikSport) Suasana Saudi House yang digelar di area GBK di tengah gelaran Asian Games 2018 (Amalia Dwi Septi/detikSport)
Jakarta - Sebuah festival kebudayaan kerajaan Arab Saudi digelar di tengah-tengah perhelatan Asian Games 2018. Silakan mampir ke Saudi House. Gratis, kok.

Festival kebudayaan Arab yang diberi nama Saudi House ini digelar oleh Komite Olimpiade Arab Saudi dan Otoritas Budaya Umum Saudi bersama KBRI Arab Saudi. Lokasinya terletak di Restoran Pulau Dua, tak jauh dari kawasan Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK). Area ini disulap menjadi rumah ala-ala Timur Tengah.

Saudi House telah digelar sejak 19 Agustus dan akan terus menerima tamu sampai 28 Agustus. Festival ini mempertunjukan banyak kebudayaan Arab seperti kaligrafi, mesjid, seni visual Arab Saudi. Tak hanya itu, juga menyajikan banyak makanan Arab seperti kurma dan masakan tradisional lainnya.



Nonton Asian Games di GBK Jangan Lupa Mampir Saudi HouseFoto: Amalia Dwi Septi/detikSport



Saat pertama datang, pengunjung akan disambut sebuah paviliun, dua mesjid suci miniatur Masjidil Haram di Makkah dan Mesjid Nabasai di Madinal. Para pengunjung akan merasakan seperti di Arab.

Perjalanan kebudayaan Saudi berlanjut di paviliiun kaligrafi Arab di mana para pengunjung dapat belajar tentang sejarah dan penggunaanya di zaman modern.

Selanjutnya pengunjung akan memasuki paviliun Olimpiade Arab Saudi yang memberikan informasi sejarah partisipasi Arab Saudi dalam Asian Games dan Olimpiade, serta mendapat informasi tentang prestasi yang telah diraih para atlet Arab Saudi

Yang menarik adalah terdapat paviliun kurma. Di sana, terdapat puluhan jenis Kurma yang bisa dicicipi secara gratis. Arab Saudi telah membawa enam ton kurma langsung dari Arab dan air zam-zam.



Menurut event organizer Reza Saudi House dibuat sebagai bentuk partisipasi dalam menyemarakkan Asian Games 2018. Dia mengajak masyarakat untuk mengenal budaya Arab.

"Event ini akan digelar sampai 28 Agustus. Kami ingin memperkenalkan kebudayaan Arab dan meramaikan Asian Games," katanya.

Tak hanya itu, masih banyak hiburan lainnya yang ada di Saudi House. Di antaranya musik-musik tradisional dan tenda tradisional dari Arab Saudi.

Nonton Asian Games di GBK Jangan Lupa Mampir Saudi HouseFoto: Amalia Dwi Septi/detikSport


Antusiasme masyarakat yang ingin datang terlihat besar. Puluhan orang terlihat mengantre di pintu masuk. Tidak hanya warga lokal, ada juga warga Arab Saudi dan pengunjung lain yang berwajah khas Timur Tengah.

"Saya penasaran ingin ke sini. Kebetulan saya sudah melihatnya dan baru sempat ke sini," kata Ayu yang datang bersama keluarganya.

Saudi House terbuka gratis untuk umum yang mulai dibuka pada pukul 14.00-22.00 WIB. Layanan antar jemput gratis juga tersedia, dari stasiun Palmerah, Stasiun Sudirman dan Stadion Gelora Bung Karno. (ads/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed