detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 29 Agu 2018 17:41 WIB

Pendekar Cantik Thailand: Pencak Silat untuk Jaga Diri

Mercy Raya - detikSport
As Ma Jeh Ma, pesilat asal Thailand (Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - Pendekar Thailand, As Ma Jeh Ma, mulai belajar pencak silat sejak lima tahun lalu. tak cuma untuk mengejar prestasi, pencak silat juga bekal membela diri.

Ah Ma membela Thailand di Asian Games 2018 dengan turun di final nomor seni beregu putri. Dia tampil trio bersama due rekannya Yuweeta Samahoh dan Ruhana Chearbuli di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, pada Rabu (29/8/2018).

Di akhir perlombaan, mereka berada di peringkat ketiga. Dengan total nilai 448. Sementara, peringkat pertama direbut tim beregu Indonesia dan perak menjadi milik Vietnam.

"Alhamdullilah kami dapat peringkat. Tadi kami bermain sudah bagus. Terimakasih kepada pelatih," kata As Ma, 20 tahun.

"Sebenarnya kalau ditanya puas ya kurang karena tidak dapat medali emas. Padahal di SEA Games saya dapat medali emas, tapi dapat perunggu juga sudah bagus," dia menambahkan.




Kenal Pencak Silat Sejak Kecil

As Ma mengenal pencak silat dari guru di sekolahnya. Dia diperkenalkan oleh pelatih Rozak, dan berlajar mandiri. Sejak itu, dia pun langsung suka.

"Saya belajar pencak silat sejak 4,5 tahun lalu. Saya dikenalkan oleh guru Rozak di sekolah menengah atas. Saya belajar mandiri dengan guru. Tidak ada klub," ujar pesilat yang akrab disapa Mickey itu.

Tak sekadar kenal, As Ma mencintai olahraga tersebut karena membuat dirinya menjadi lebih cantik. Kendati di negaranya sendiri belum terlalu popular seperti di Indonesia.

"Pencak silat itu cantik. Selain itu, olahraga ini bagus buat kami belajar beladiri. Pencak Silat itu Bisa (seperti) pukul-pukul orang jadi saya suka," kata dia kemudian tertawa.





Tonton juga 'Saat Jokowi dan Prabowo Duduk Berdampingan di Padepokan Silat':

[Gambas:Video 20detik]

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com