detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 29 Agu 2018 21:08 WIB

Defia Tahu Raih Emas Pertama untuk Indonesia dari Jokowi

Lucas Aditya - detikSport
Defia Rosmaniar usai raih emas di Asian Games 2018. (Foto: Grandyos Zafna/detikSport) Defia Rosmaniar usai raih emas di Asian Games 2018. (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Defia Rosmaniar meraih emas pertama Indonesia di Asian Games 2018. Dia mengetahui kabar itu dari Presiden RI, Joko Widodo.

Defia menjadi peraih emas dari cabang olahraga taekwondo. Dia meraih itu dari nomor poomsae putri.

Saat awal Defia tak tahu bahwa dirinya meraih emas pertama untuk Indonesia. Dia tak menyangka karena cbor Wushu juga sedang bertanding.

"Tidak tahu. Karena saat itu bareng sama wushu, jadi pas dapat emas ya biasa. Pas Bapak Presiden bilang 'terima kasih ini medali emas pertama' itu langsung wow," kata Defia dalam talkshow Mata Najwa.




Sebuah situasi sulit sempat di alami oleh Defia saat menjalani pemusatan latihan menyambut Asian Games 2018. Ayahanda tercinta berpulang.

"Setelah 10 hari training camp di Korea, dapat kabar ayah meninggal. Aku di situ langsung kaget. Kenapa saat sedang jauh ditinggal ayah. Bilang ke pelatih Defi mau pulang. Langsung dicarikan tiket, besoknya pulang sampai rumah malam. Ayah dimakamkan pagi. Berkat teknologi bisa liat pemakaman ayah lewat video call," kata Defia.

"Medali emas ini buat ayah. Kalau ayah masih ada pasti bangga banget," dia menambahkan.

(cas/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed