detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 02 Sep 2018 17:57 WIB

Jika Ingin Gelar Olimpiade 2032, Indonesia Harus Banyak Berbenah Lagi

Mercy Raya - detikSport
Indonesia berniat bidding jadi tuan rumah Olimpiade 2032 (Michael Dodge/Getty Images)
Jakarta - Indonesia diminta untuk cepat berbenah jika ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Kerjasama dan dukungan penuh pemerintah menjadi faktor penting.

Dalam hitungan jam, Asian Games 2018 akan berakhir. Acara yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK) Senayan, pukul 19.00 WIB menjadi tanda tugas Indonesia menjadi tuan rumah usai.

Indonesia pun membidik Olimpiade 2032 sebagai loncatan besar lainnya menjadi negara olahraga yang berkembang. Harapan itu langsung dinyatakan Presiden RI Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, dan Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA), Ahmed Al-Fahad Al-Ahmed Al-Sabah, di Istana Bogor, Sabtu (1/9) kemarin.






Lantas apa saran OCA untuk Indonesia yang berambisi jadi tuan rumah Olimpiade?

"Setiap negara itu memiliki hak untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Asian Games, begitu juga dengan Indonesia sebagai anggota International Olympic Committee (MPC). Anda masih menyisakan banyak waktu untuk melakukan apa yang Anda suka sampai 2032," kata Wakil Presiden Kehormatan OCA, Wei Ji Zhong, di Main Press Centre, JCC, Senayan, Minggu (2/9/2018).

Salah satunya soal infrastruktur. Meski saat ini dinilai sudah cukup memadai untuk menggelar Asian Games, namun fasilitas yang ada belum layak untuk Olimpiade.

"Belum. Pertama, Indonesia harus bersatu, orang yang ada harus berjalan bersama-sama. Kedua, Anda harus mendapatkan dukungan dari pemerintah itu merupakan poin kunci untuk melakukannya," sambung Zhong.







Tonton juga 'Olimpiade 2020 Jepang Terapkan Teknologi Pengenal Wajah':

[Gambas:Video 20detik]

(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com