6 Pesilat Peraih Emas Asian Games Disambut Bak Pahlawan di Garut

Hakim Ghani - Sport
Senin, 03 Sep 2018 17:03 WIB
Pesilat peraih Emas Asian Games 2018 disambut meriah di Garut. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Enam atlet pencak silat Indonesia asal Kabupaten Garut disambut bak pahlawan saat pulang ke kampung halaman, Senin (3/9/2018). Mereka diarak mengelilingi kota.

Keenam atlet Garut peraih emas Asian Games 2018 itu adalah Nunu Nugraha, Asep Yuldan Sani dan Anggi Faisal, serta Yuristya Pramudita, Gina Tri Lestari dan Lutfi Nurhasanah. Mereka merebut emas dari nomor seni beregu putra dan seni beregu putri.

Sekitar pukul 10.00 WIB, keenam atlet tersebut tiba di kawasan Kadungora. Mereka langsung disambut jajaran Forkopimda Garut dan orang tua masing-masing. Setelah itu, mereka kemudian diarak menggunakan mobil ranger milik TNI dan Polri.

Ribuan warga turun ke jalan menyambut mereka. Tak hanya orang dewasa, bocah TK, SD hingga mahasiswa berbondong-bondong menyuarakan dukungan mereka kepada enam atlet tersebut.

Dengan dikawal puluhan personel TNI-Polri, keenam atlet mengelilingi pusat perkotaan Garut dengan rute Jalan Raya Garut-Bandung, Jalan Otista, Jalan Cimanuk, Jalan Ahmad Yani hingga ke Pendopo Garut.

Sesampainya di Pendopo, mereka disambut Bupati Garut Rudy Gunawan dan dijamu makan siang. Rudy mengungkapkan jika keberhasilan para atlet untuk mengharumkan nama Indonesia merupakan kebanggan seluruh warga Garut.

"Kita semua bangga pada mereka. Mari semua masyarakat kita sambut mereka. Terimakasih para pahlawan," kata Rudy saat menyambut keenam atlet itu.




Rebutan Foto dan Bikin Histeris

Asep Yuldan menjadi salah satu yang paling menyita perhatian. Dia menjadi sasaran foto ibu-ibu dan remaja putro.

"Sudah mah berprestasi, ganteng lagi. Baru tau dia itu (Asep) orang Garut," ujar Kadya Nursafitri (22) saat berbincang dengan detikcom, di Jalan Raya Garut-Bandung.

Asep terlihat hanya tersenyum dan meladeni permintaan berfoto. Saat diajak berfoto, ia terlihat selalu mengacungkan medali emasnya.

Saat dihubungi detikcom, Asep mengaku terenyuh dan bangga melihat sambutan yang diberikan warga Garut saat ia pulang. Asep bergarap medali emas yang ia dapat bisa jadi motivasi bagi masyarakat untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia dalam hal apapun.

"Ya terima kasih dukungannya. Terima kasih warga Garut," kata Asep kepada wartawan di Pendopo Garut, Jalan Dewi Sartika, Garut Kota, hari ini.

Dalam pertandingan yang dihelat di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Senin (27/08/2018), Asep bersama dua rekannya yakni Nunu dan Anggi, menjadi yang terbaik di nomor beregu putra dengan meraih skor 465. Unggul dari beregu Vietnam dan Thailand.

Setelah sukses di Asian Games, Asep, Nunu dan Anggi rencananya akan mengikuti kejuaraan pencak silat dunia yang akan digelar di Singapura tahun ini.

"Targetnya emas," kata Asep lagi.






Tonton juga 'Kaus Jonatan Christie Laku, Inul Beli Punya Atlet Silat':

[Gambas:Video 20detik]



6 Pesilat Peraih Emas Asian Games Disambut Bak Pahlawan di Garut
(cas/mrp)