detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 07 Sep 2018 18:23 WIB

Pesilat Emas Asian Games Aji Bangkit di Mata Orang Tua

Charolin Pebrianti - detikSport
Aji Bangkit Pamungkas bersama kedua orang tuanya. (Charolin Pebrianti/detikSport)
Ponorogo - Aji Bangkit Pamungkas meraih medali emas Asian Games 2018 dari pencak silat. Atlet dari Ponorogo, Jawa Timur itu, sempat menolak berlatih, namun anak yang disiplin.

Aji, 19 tahun, berlatih pencak silat sejak tujuh tahun lalu. Awalnya, dia enggan berlatih pencak silat.

Waktu itu, dia sedang senang-senangnya bermain futsal dan sepakbola. Lebih keren katanya. lagipula, dia tak suka adu fisik.

"Dulu anak saya itu sukanya futsal atau sepak bola, dia bilang nggak mau ikut silat karena nggak suka gelut (berkelahi,red) namun setelah lihat dua kakaknya ikut atlet silat dan dapat juara dia akhirnya mau terjun ke dunia silat," kata ayahanda Aji, Agus Widodo, saat ditemui detikSport di rumahnya, Jalan Rumpuk RT 2 RW 4 Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan, Ponorogo.




"Soalnya badannya besar, bobotnya banyak tapi usianya masih kecil. Jadi susah cari kelasnya, baru bisa ikut kejuaraan itu kelas 1 SMK," ujar dia.

Bapak empat anak itu menambahkan Aji merupakan sosok yang pemalu, namun disiplin. Setelah mendapatkan juara, Aji makin giat berlatih.

"Jarang sekali pulang pas Pelatnas, tapi karena demi kebaikan Aji saya dukung saja," ujar Agus.

Sementara ibunda Aji, Anis Nurul Laili mengaku bangga sekali dengan berbagai prestasi yang sudah ditorehkan anak keempatnya tersebut. Apalagi dirinya yang merupakan ibu rumah tangga dan suaminya penjual air isi ulang terbantu keadaan ekonominya dengan kemampuan Aji yang berprestasi.

"Saya bangga sekaligus haru, anak saya bisa mengangkat derajat kedua orang tuanya. Saya harap anak saya bisa terus mengukir prestasi demi nama harum Ponorogo dan Indonesia," ujar ayahanda Aji.

Aji meraih emas setelah mengalahkan lawan mainnya, pesilat Singapura Sheik Ferdous Sheik Alauddin pada nomor Tarung Putra Kelas I (85-90 kg) dalam di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta.


(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com