detiksport
Follow detikSport
Rabu, 12 Sep 2018 19:45 WIB

Obor Asian Para Games di Makassar Pantik Semangat Atlet Difabel Indonesia Timur

Ibnu Munsir - detikSport
Kirab Obor Asian Para Games di Makassar, Rabu (12/9). (Ibnu Munsir/detikSport) Kirab Obor Asian Para Games di Makassar, Rabu (12/9). (Ibnu Munsir/detikSport)
Makassar - Kirab obor Asian Para Games 2018 mulai menyala di Makassar. Obor diserahkan langsung oleh Ketua Pelaksana INASGOC, Raja Sapta Oktohari, ke Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Dari ternate, kirab obor Asian Para Games berlanjut ke Makassar. Petang tadi obor dibawa berkeliling Makassar sejauh 5 km, dari rumah dinas gubernur Sulsel dan finis di Lapangan Karebosi Makassar.

"Sangat luar biasa kami sudah melaporkan ke pihak kepolisian bahwa hari ini akan ada kurang lebih 20 ribu orang turun ke jalan untuk kampanye kemanusiaan mendukung Asian Para Games 2018," kata Raja Sapta Oktohari, dalam sambutannya, Rabu (12/9/2018).

"Kami memilih Makassar adalah pusatnya perjuangan barometer perjuangan dari Indonesia timur harapannya kita menggelorakan obor Asian para games di sini juga menggelorakan semangat peduli disabilitas di seluruh wilayah Indonesia Timur sekaligus juga bukan tanpa sebab karena kota ini sudah dianggap kota yang layak disabilitas," dia menambahkan.

Asian Para Games 2018 diharapkan menjadi momentum kebangkitan semangat bagi para atlit yang sangat banyak menginspirasi banyak orang. Bukan cuma atlet, namun seluruh disabilitas.

"Yang datang ke kita ada 5000 atlet dan ofisial 1100 diantaranya menggunakan kursi roda mereka adalah orang-orang yang sangat menginspirasi penuh semangat yang tinggi dan datang ke Indonesia datang ke Asean Para games dengan satu tujuan untuk mengumpulkan medali bukan untuk dikasihani jadi itu yang membuat sebuah menggelorakan semangat Asian Para Games," Okto menjelaskan.




Sementara itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, bersyukur atas ditunjuknya Sulawesi Selatan pada kirab obor Asian Para Games 2018. Nurdin berharap Asian Para Games 2018 ini bisa membawa nama Indonesia yang besar dan mampu bersaing dengan negara lain.

"Hari ini Sulawesi Selatan mendapat sebuah kehormatan untuk sebuah acara yang luar biasa dan ini merupakan kekuatan bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Saya kira Asian Para Games ketiga tahun 2018 ini tentu kita berharap mudah-mudahan juga bisa membawa nama besar Indonesia di ajang INAPGOC dan kita bangga pada penyelenggaraan Asian Games yang baru saja sekiranya dan sejarah baru bagi Indonesia yang telah mempersembahkan nama besar Indonesia Sebagai penyelenggara bukan hanya penyelenggara tetapi kita mampu berada di urutan keempat," kata Nurdin.

"Kita berharap mudah-mudahan dengan dimulainya dari Makassar ini ini juga menjadi spirit bagi kita semua masyarakat Sulawesi Selatan dan juga saya laporkan kepada Kapolri kami juga tahu bulan ini akan menyelenggarakan Pekan Olahraga daerah Pekan Olahraga daerah seluruh Sulawesi Selatan dan mudah-mudahan Spirit Asian Games ini bisa juga terwujud di Sulawesi Selatan," tutupnya.

(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed