detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 03 Okt 2018 22:27 WIB

Cedera, Atlet Baseball Asian Games Ini Dapat Perlindungan BPJS TK

Rizki Ati Hulwa - detikSport
Foto: Rizki Ati Hulwa Foto: Rizki Ati Hulwa
Jakarta - Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) Krishna Syarif menjenguk atlet baseball yang berlaga di Asian Games, All Luthvy Jhonata. Dalam kesempatan tersebut, Krishna memastikan Luthvy mendapatkan perlindungan BPJS TK sampai sembuh dan memastikan pembiayaannya.

"Kebetulan saat ini melihat langsung kondisi All Luthvy Jhonata yang mengalami cedera lutut. Dia merupakan atlet baseball yang mengalami cedera saat latihan justru," ucap Krishna Syarif di RS Medistra, Rabu (3/10/2018).



Krishna mengatakan bahwa ini merupakan kewajiban BPJS TK untuk menjamin dan memberikan perlindungan dan pelayanan pada atlet hingga sembuh. Di sini, Luthvy akan diberikan perlindungan selama satu tahun.

"BPJS Ketenagakerjaan akan meng-cover selama setahun kontrak. Namun bila penanganan melebihi jangka waktu itu, masih akan terus dilanjutkan," lanjutnya.



Krishna juga berharap agar pemulihan bisa dilakukan dengan cepat karena menurutnya atlet saat ini sudah menjadi sebuah profesi.

"Kami berkoordinasi langsung dengan dokter-dokter dari Komite Olahraga Indonesia (KOI) supaya semua masuk dalam lingkup layanan kami. Kami menanyakan langsung pada dokter yang menangani atlet agar diberikan perlindungan hingga benar-benar sembuh dan semua biaya di-cover BPJS Ketenagakerjaan," kata dia.

Salah satu dokter yang menangani Luthvy, dr. Nadia mengatakan bahwa atlet baseball tersebut sudah menjalani operasi ligamen lutut kiri di RS. Medistra Jakarta pada Senin kemarin dan saat ini sedang menjalani masa pemulihan.

"Ini penanganannya berbeda karena cedera lututnya hampir total. Setelah operasi, masih perlu dilakukan pemulihan agar bisa normal kembali. Pemulihannya diperkirakan akan memakan waktu selama enam bulan ke depan," tutur Nadia.

Sementara Ketua Tim Medis Tim Indonesia dr. Antonius Andi Kurniawan mengatakan ada 52 atlet Asian Games yang cedera, tujuh di antaranya sudah dioperasi saat perhelatan berlangsung. Sedangkan 10 lagi, akan dioperasi dalam waktu dekat ini, salah satunya adalah Luthvy.

"Yang sembilan lagi tersebar di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, kami masih memikirkan bagaimana tindak lanjutnya agar para atlet bisa kembali bermain karena di tahun depan akan ada Sea Games, lalu di tahun depannya lagi akan ada Olimpiade di Tokyo," jelas Antonius.

Antonius melanjutkan bahwa 35 atlet lainnya termasuk dalam kecelakaan atau cedera ringan. Artinya, mereka bisa recovery namun butuh waktu yang lama, ada juga yang butuh waktu kurang dari satu bulan untuk recovery.

"Tentu saja semua recovery itu tetap butuh penanganan khusus dari BPJS Ketenagakerjaan karena mereka semua adalah atlet," pungkas dia.

(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com