detiksport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 10 Okt 2018 13:28 WIB

Catur Indonesia Borong Enam Emas Asian Para Games

Amalia Dwi Septi - detikSport
Foto: Setiyo/INAPGOC Foto: Setiyo/INAPGOC
Jakarta - Catur Indonesia menggemukkan lumbung medali di Asian Para Games 2018. Enam emas diborong.

Enam medali emas diborong dari GOR Cempaka Putih. Jakarta, Rabu (10/10/2018). Pecatur tuan rumah mendominasi dengan berhasil meraih emas di kategori perorangan standard putra B1 (tunanetra) oleh Hendi Wirawan dan perorangan putri standard B1 oleh Debi Ariesta.

Empat emas lain didapatkan dari Nasip Farta Simanja di nomor perorangan putri standard P1 (tunadaksa), beregu standard putri VIB1 yang diperkuat Debi, tati karhati, Wilma Margaretha Sinaga, beregu standard putra VIB1 (Carsidi, Edy Suryanto, Hendi Wirawan), dan beregu standard putri P1 (Rosalinda Br Manurung, Nasip Farta, dan Yuni).



Sementara itu, Debi lega dengan perjuangannya selama ini. Dia mempersembahkan medali emas tersebut untuk masyarakat Indonesia.

"Lega dan bahagia banget. Kemenangan ini untuk masyakarat Indonesia," kata Debi.

Manajer Catur Indonesia di Asian Para Games 2018, Heri Isranto, menilai pencapaian tersebut melebihi target. Dia berharap medali emas akan bertambah lagi.

"Sejak awal saya yakin kami akan melampaui target emas. Ini buah latihan keras dan kebersamaan yang selalu kami tanamkan dalam persiapan. Namun, masih ada catur cepat yang tentunya juga tidak boleh dilewatkan untuk terus meraih medali. Semoga kita kembali meraih medali emas karena kita juga kuat di catur cepat ini," ujar Heri.



Dengan tambahan enam emas itu, Indonesia mengoleksi 15 medali emas. Indonesia butuh satu emas lagi untuk memenuhi target 16 medali emas sebagai syarat peringkat enam besar.


Saksikan juga video 'Bukan Lewat Judo, Miftah akan Harumkan Indonesia Lewat Catur':

[Gambas:Video 20detik]

(ads/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed