detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 10 Okt 2018 16:03 WIB

Jokowi Maklum Tidak Seluruh Venue Asian Para Games Dipadati Penonton

Mercy Raya - detikSport
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Asian Para Games dimulai sejak Sabtu (6/10/2018), namun beberapa venue masih sepi penonton. Presiden Joko Widodo memakluminya.

Asian Para Games memanggungkan 18 cabang olahraga di Jakarta. venue tersebar pada 11 lokasi di Jakarta.

Sebab tidak semua cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Para Games memiliki minat penonton yang banyak. Tapi bukan berarti di seluruh cabor mengalami hal yang sama.



Tapi, tak seluruh venue penuh penonton. Presiden Jokowi memakluminya.

"Sama di Asian Games juga di cabor tertentu ada yang kurang peminatnya," kata Jokowi di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu (10/10/2018)

"Sama semua cabor ada yang senang, kayak sekarang (Asian Para Games) ada yang senang di basket, tenis meja, badminton, trus yang lain juga renang," ujar dia.




Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari mengamini hal tersebut. Untuk itu mereka terus berupaya dengan cara menggratiskan tiket penonton di beberapa cabang yang tidak familiar.

"Kalau olahraga-olahraga populer, tiketnya pasti dijual dan sudah habis, seperti renang, basket, bulu tangkis, tenis meja. Tapi untuk olahraga yang memang masih baru, itu kan belum familiar, jadi kami gratiskan," kata Okto, terpisah.

Sebagai contoh, katanya, pertandingan cabang angkat berat, goal ball, boccia. Dan ada beberapa cabang yang memang harus dimobilisasi seperti catur.

[Gambas:Instagram]


"Tapi kami merasa animonya sekarang semakin hari. Tadinya mencari anak-anak sekolah, sekarang kami dapat banyak sekali permintaan anak sekolah untuk bisa berpartisipasi," dia mengungkapkan.

"Jadi kami tinggal membagi waktu kedatangan anak sekolah. Semakin sore biasanya juga semakin penuh. Kemarin kami malah juga harus bisa menjelaskan orang-orang yang marah-marah karena kehabisan tiket," katanya.

Dari yang terpantau detikSport selama lima hari penyelenggaraan seperti cabang renang di tribune tertentu di Stadion Akuatik selalu padat penonton. Sementara cabang atletik di Stadion Utama Gelora Bung Karno, penonton paling banyak didominasi oleh penonton-penonton pelajar.



[Gambas:Instagram]





Tonton juga 'Atlet Asian Para Games Nikmati Waktu Luang dengan Melukis':

[Gambas:Video 20detik]

(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com